Belasan Rumah di Taliwang Terendam Banjir

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Sejumlah rumah di Desa Seloto, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat terendam banjir, Senin (23/3/2020).

Informasi yang di himpun media, banjir setinggi lutut orang dewasa tersebut akibat dari intensitas hujan yang tinggi sehingga debit air parit dan sungai meluap.

Menurut salah seorang warga desa Seloto yang rumahnya direndam banjir, Nurhasan, mengatakan, air mulai datang sekitar pukul 16.00 Wita dan langsung masuk menggenangi halaman rumah warga.

“Kira-kira pukul 16.00 Wita, air datang tiba-tiba dan menghantam rumah kami dan spontan kami panic dan menyelamatkan barang-barang yang kiranya bisa kami selamatkan,” katanya.

Menurut warga lainnya, air yang berasal dari parit yang berada di belakang rumah warga meluap karena tidak ada pembatas antara parit dan halaman rumah warga sehingga air mudah saja masuk ke pemukiman warga.

Aparat Desa Seloto bersama warga bahu-membahu mengevakuasi barang-barang yang berada di rumah warga yang terendam banjir. Hingga saat ini hujan masih mengguyur Desa Seloto.

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang lebih besar, warga beserta barang-barang diungsikan di rumah-rumah warga yang agak tinggi.

Warga berharap, Pemerintah Daerah segera memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KSB melalui Kepala Seksi Kedaruratan Saiful Arief, S.Ap, hubungi, Senin (23/3/2020) Malam via seluler membenarkan kejadian tersebut.

Dikatakan,hujan lebat yang mengguyur wilayah KSB, dimulai sekitar pukul 15.00 Wita, mengakibatkan banjir bandang di wilayah tersebut, karena jebolnya tanggul penahan air yang mengalir dari gunung.

“Air deras mengakibatkan robohnya 1 pagar tembok wargar dan 2 buah pagar dari bambu runtuh. Selain itu, air juga menggenangi sekitar 13 KK atau 11 rumah warga di RT. 11 RW. 5 Dusun Lenang Late. Perkiraan Ketinggian air mencapai 50 cm yang mengalir dengan sangat deras sehingga mengakibatkan pagar tembok warga roboh dan air masuk ke rumah warga,” terangnya.

“Tanggul yang jebol diperkirakan sepanjang sekitar 40 meter,” kata dia menambahkan.(ID/S)

Tonton Video Berikut :

https://youtu.be/iIVWWK66QhQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!