Sambut HUT NTB Ke 62 dan PKN, Siswa dan Guru SMAN 1 Taliwang Gunakan Pakaian Adat

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Ada yang berbeda dengan pakian seragam di SMA Negeri 1 Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Jika biasanya masuk sekolah dengan mengenakan seragam, pada hari ini senin (23/11/2020) seluruh siswa beserta guru di SMA Negeri 1 Taliwang, mengenakan pakaian adat Sumbawa dan baju adat etnis lainnya.

Kepala SMAN 1 Taliwang, Fathan Ham Irfan, S.Pd, ketika dikonfirmasi mengatakan, penggunaan pakaian adat bagi siswa dan guru ini dalam rangka menyambut HUT NTB ke 62 serta hari Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).

“Sehingga khusus hari ini, secara serentak SMA/SMK di Kabupaten Sumbawa Barat, para siswa dan guru datang kesekolah, memakai pakaian adat Sumbawa maupun baju adat etnis lainnya,” ujar Fathan Irfan melalui sambungan telepon WhatsApp, Senin (23/11/2020).

Ia mengungkapkan, nilai kearifan dari budaya lokal bangsa sendiri sudah sepatutnya ditanamkan kepada para siswa. Sehingga, siswa merasa bangga, memiliki dan tidak asing lagi dengan budayanya sendiri.

“Kalau anak-anak merasa asing dengan budayanya sendiri. Maka, sumbawa ini akan tercabut dari akar budayanya,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pengenalan adat budaya Sumbawa kepada para siswa ini sangat penting. Karena akan berpengaruh pada perkembangan karakter siswa.

Ia khawatir, jika siswa tak memegang teguh kebudayaan bangsa sendiri, maka karakter siswa sebagai anak bangsa lambat laun akan hilang.

“Inilah tujuan dan makna hari ini. Siswa bisa mengenal dan mencintai budayanya sendiri.” singkatnya.(ID/YD)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!