Lombok  

Dukung Event MotoGP 2021, Pemda Loteng Persiapkan SDM Warga Lokal

InsideNTB.com, Loteng – Dalam rangka mendukung Event MotoGP 202 pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, melakukan kegiatan sosialisasi kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang dirangkaikan dengan sosialisasi kampung wisata, bertempat di Dusun Ngolang, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Minggu (19/7/2020).

Dalam sosialisasi itu, dihadiri oleh Elni Kasi Pengadaan tanah Dinas Perkim Loteng, Rosyid Kasi Perumahan Dinas Perkim, Kadus Ujung Lauk Abdul Muthallib, Kadus Ebunut Rahmat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat.

Kasi Perumahan Dinas Perkim, Lombok Tengah, Rosyid dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut event MotoGP 2021. Untuk itu pihaknya melakukan sosialisasi kampung wisata sebagai upaya untuk mempersiapkan serta membangun SDM lokal.

“Perkiraan 120 ribu orang asing akan hadir dalam satu waktu di event MotoGP mendatang. Pemerintah pusat ingin memastikan masyarakat yang berada di lingkar MotoGP ikut berpartisipasi dalam menyambut event besar ini. Apalagi dilokasi itu, Pempus akan membangun home stay bagi tamu yang akan berkunjung ke wilayah kita,” jelasnya.

Meski demikian, kata dia, peran penting serta dukungan penuh masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi event besar ini. Mulai dari menciptakan suasana yang nyaman bagi wisata asing yang akan berkunjung.

Bukan hanya penginapan yang dibutuhkan oleh wisata asing, melainkan cindra mata dan tempat hiburan, agar keterlibatan masyarakat setempat menjadi prioritas.

“Intunya, jangan sampai kita menjadi penonton di tempat sendiri, pemerintah sudah mempersiapkan program pemanfaatan SDM salah satunya dengan cara sosialisasi seperti ini untuk memberdayakan masyarakat dalam menyambut event MotoGP,” ujarnya.

“Saat ini pemerintah daerah, sudah membentuk Satgas kesiapan masyarakat dalam menyambut event MotoGP yang dibina langsung oleh Sekda Lombok Tengah dalam rangka meningkatkan kesiapan masyarakat menyambut event Moto GP sehingga perlu dipikirkan dari sekarang,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dusun Ebunut Rahmat mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari kampung wisata. Hal ini di lakukan untuk kesiapan SDM dari masayarakat itu sendiri, namun ia meminta pemerintah Pusat sampai dengan Pemda terus mendukung SDM lokal dengan cara menfasilitasi masyarakat memberikan pelatihan dan bimbingan dari Pemerintah sehingga apa yang menjadi penjelasan dari pihak Dinas Perkim sesuai dengan harapan warga sekitar.

“Masyarakat Dusun Ujung Lauk dan Dusun Ebunut merupakan yang sangat beruntung dibandingkan dengan desa lain. Kita saat ini meminta kepada pemerintah untuk memberikan perhatian atau dukungan penuh dan mendorong pihak-pihak yang terlibat dalam pelaku wisata agar menyiapkan kampung wisata dalam menyambut event MotoGP 2021,” demikian tutupnya.(ID/DK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!