2023 Disos KSB Rencanakan Pemberdayaan Disabilitas

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Dalam rangka menuju kemandirian sosial ekonomi masyarakat, Dinas Sosial Sumbawa Barat tahun 2023 mendatang berencana memberikan pemberdayaan terhadap penyandang disabilitas.

Selain dari itu, pemberdayaan ini merupakan inovasi yang dilakukan pemerintah guna mendukung sekaligus memberi kesempatan kepada mereka untuk belajar dan mengembangkan potensi diri.

Sebagai wujud dari persiapan tersebut, Dinas Sosial Sumbawa Barat tengah melakukan screening dan assessment mendalam terhadap disabilitas untuk selanjutnya mengelompokkan potensi masing-masing.

Demikian Sekretaris Dinas Sosial, Burhan Daeng Mangago yang turut di dampingi Kabid Datin, Andy Suwandy S.IP kepada wartawan belum lama ini.

“Setelah kita ketahui potensi masing-masing, maka selanjutnya akan menjadi atensi pemda untuk di berdayakan. Mana yang sifatnya perorangan, keluarga atau dibuatkan Kelompok Usaha Bersama (KUBe),” terangnya.

Lebih jauh Burhan Daeng-akrabnya dia sapa menerangkan bahwa orang-orang disabiiltas itu juga memiliki potensi diri yang tidak bisa diremehkan. Buktinya, dalam beberapa kegiatan harian yang dilaksanakan oleh Pemda dengan melibatkan teman-teman dimaksud, mereka berhasil meraup keuntungan bahkan bisa mencapai Rp.500.000,-.

“Itu menandakan bahwa mereka memiliki potensi dan produktif,” ujarnya seraya mengatakan bahwa dinas sosial mengapresiasi dan mendukung penuh atas kegigihan teman difabel.

Masih dari keterangan Sekdis Sosial, beberapa tahun terakhir hingga sekarang, pemda memberikan perlindungan kepada kawan-kawan yang dalam keterbatasan melalui program Kartu Pariri Lansia dan Sibalitas.

“Sekarang, inovasi kita dari Dinas Sosial memberikan pemberdayaan karena mereka juga layak untuk mendapatkan ruang mengelaborasi potensi,” bebernya.

Kendati hadir dengan rencana mulia, tidak lepas juga dukungan dari pimpinan daerah termasuk anggota dewan.

“Harus ada aksi bersama sebagai bentuk kepedulian kita pada mereka,” pungkasnya.(ADV.Kominfo.KSB)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!