Apel Pilkades Damai, Ini Pesan Bupati Sumbawa Barat

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Dr. Ir. HW. Musyafirin, MM pimpin apel dalam rangka deklarasi damai pemilihan Kepala Desa gelombang pertama bulan Oktober tahun 2022 di halaman Graha Fitrah, Komplek KTC, Selasa (10/10/2022).

Dalam memimpin apel tersebut, Bupati menyampaikan kepada seluruh Calon Kades (Cakades) yang hadir untuk tetap menjaga kondusifitas di setiap desa selama berjalannya Pilkades serentak.

“Saya mengajak kepada seluruh Cakades untuk mensukseskan Pilkades serentak dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas,” kata Bupati, didepan hadapan para cakades.

Apel Pilkades Damai, Ini Pesan Bupati Sumbawa Barat
(Foto bersama Cakades dan Forkopimda Sumbawa Barat)

Ia mengingatkan, apa yang disampaikan dalam Ikrar tersebut, terdapat poin yang penting yang harus dimaknai oleh para Cakades yaitu harus siap menang dan kalah.

“Kita boleh berusaha semaksimal mungkin untuk terpilih, tapi begitu kita terpilih kita kembalikan kepada Allah SWT. Siapa pun, baik yang mendapatkan amanah maupun yang tidak mendapatkan amanah semuanya harus ikhlas. Apabila ada sengketa-sengketa kita serahkan kepada mekanisme yang berlaku,” terangnya.

“Saya berharap persepsi kita terhadap aturan-aturan yang berlaku kita taati bersama, tidak boleh ada terdapat persepsi yang berbeda. Begitu diantara kita ada persepsi yang berbeda itu akan menyebabkan terjadinya inkondusifitas daerah,” lanjutnya.

Oleh karenanya, sambung Bupati, mari sama-sama menjaga etika menjaga aturan main, menjaga kamtibmas di wilayah desa masing-masing.

“Mudah-mudahan kita bisa menjaga daerah kita agar tetap kondusif,” harapnya.

Selain itu, Bupati juga menghimbau kepada seluruh penyelenggara agar tidak ada yang main-main dalam penyelenggaraan Pilkades tahun ini. Semua harus melalui satu komando, karena dalam setiap proses penyelenggaraan, penyelenggara haruslah mengambil tindakan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, serta tidak boleh mengambil jalan sendiri. Sebab apa yang menjadi temuan dari Panwas kecamatan harus segera ditindaklanjuti. Apa yang menjadi masalah, keluhan harus ditindaklanjuti. Apa pun itu, semuanya harus ditindaklanjuti sesuai dengan koridor aturan yang berlaku.

“Saya tidak ingin Pilkades jalan ke utara, panitia dan pengawas jalan ke timur. Semua perangkat PPKD usahakan membersihkan hati, menjaga kenetralan, tidak perlu menunjukkan keberpihakan secara signifikan, dan yang paling tahu kemana kita adalah hati kita,” tegasnya.

Terakhir, Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani yang sekiranya Cakades siap mengabdikan dirinya untuk kemajuan desa.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di 16 Desa yang akan mengikuti Pilkades serentak agar tidak golput. Gunakanlah hak pilih, sesuai dengan hati nurani,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sumbawa Barat, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, Sekretaris Daerah, Calon Kepala Desa, Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Desa dan Kabupaten, juga diikuti oleh pasukan TNI/Polri, Linmas, dan Sat Pol PP.(ADV.Kominfo.KSB)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!