Dinas Perikanan Alokasikan Pengadaan Sampan 4gt

  • Bagikan
Diskan KSB Bagikan Mesin Tempel untuk Nelayan
(Foto Ist : Agus Purnawan, S.Pi, MM PPK sekaligus Sekdis Perikanan KSB)

(Foto Ist : Sekretaris Dinas Perikanan, Agus Purnawan)

Sumbawa Barat | Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Perikanan inten memberikan bantuan guna mendukung kemandirian ekonomi nelayan.

Tahun ini, melalui anggaran DAK senilai Rp 926 juta, pengadaan sampan beserta alat tangkap dilakukan terlebih pengadaannya menggunakan mekanisme tender.

“Ada tiga unit pengadaan sampan dan kapasitasnya diatas 4gt,” ungkap Sekretaris Dinas Perikanan, Agus Purnawan pada media, Kamis (26/5/2022) via seluler.

Dikatakannya lagi, bahwa sasaran dari bantuan tersebut nantinya diberikan kepada kelompok nelayan yang membutuhkan.

Dengan adanya alat tangkap ini, penghasilan nelayan di harapkan akan lebih meningkat karena dukungan armada yang mumpuni.

“Kalau kekuatan sampan di atas 4gt, maka nelayan pun bisa mengeksplor potensi perikanan yang terkandung di perairan Sumbawa Barat,” papar Agus.

Lebih jauh Sekdis Perikanan, bahwa bantuan lain yang di berikan kepada nelayan ialah berupa alat keselamatan sebanyak 83 paket yang sumber anggaran pengadaannya dari DAK.

“Bantuan alat keselamatan ini akan diprioritaskan untuk nelayan di Kecamatan Taliwang dan Poto Tano yang memang kantong nelayan,” paparnya.

Dibagikannya alat keselamatan sangat bermanfaat untuk membantu evakuasi nelayan jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan saat melaut.

“Alat seperti itu tidak kalah penting dengan alat tangkap. Alat paket keselamatan itu mesti ada di tiap armada nelayan,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!