Simulasi Berjalan Lancar, SDN Sermong Siap Laksanakan Gladi ANBK

  • Bagikan

Sumbawa Barat – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sermong, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, tidak menemukan kendala berarti dalam pelaksanaan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 22 Oktober 2021, pekan kemarin.

Diharapkan pelaksanaan gladi ANBK pada, 25-28 Oktober mendatang juga berjalan baik dan lancar.

Kepala SDN Sermong, Surdinah, S.Pd., mengatakan, dalam pelaksanaan ANBK nantinya, pihaknya mengambil pelaksanaan ANBK dengan Moda Mandiri online. Hal ini mengingat fasilitas di Sekolahnya dinilai cukup untuk pelaksanaan ANBK online, baik sarana komputer/Laptop maupun jaringan internet yang cukup stabil.

Dari 2 gelombang, dibagi menjadi 2 sesi pada masing-masing gelombang, saat simulasi ANBK pekan kemarin yang dilaksanakan selama 4 hari tersebut, diakui memang ada sedikit gangguan jaringan. Namun, menurutnya, masalahnya bukan dari jaringan internet sekolah yang tak stabil.

“Tapi patut dimaklumi karena masih dalam tahap uji coba,” ujar Surdinah, di sela-sela kesibukannya mengatur persiapan gladi ANBK.

Dari 28 siswa kelas 5 yang mengikuti simulasi ANBK lanjut Sur, sapaan akrab ia dipanggil, juga akan mengikuti Gladi ANBK pada tanggal 25 s.d. 28 Oktober 2021 minggu depan, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Untuk kemampuan dan pengetahuan anak dalam mengoperasikan komputer dinilai juga sudah cukup baik. Bahkan terhadap siswa telah dilakukan pendampingan dari proktor, teknis, dan guru, saat pelaksanaan simulasi. Khususnya cara menggunakan dan mengoperasikan komputer.

Pihak sekolah juga sudah mensosialisasikan tentang apa itu ANBK dan AKM yang akan dihadapi siswa. Sehingga siswa, tidak lagi canggung menghadapi ANBK di hari H yang baru pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia ini.

“Kami berharap pada pelaksanaan gladi ANBK besok (Senin.red) bahkan sampai hari nanti, gangguan-gangguan dan masalah tak lagi terjadi, sehingga ANBK dapat berjalan dengan lancar,” tutup Sur, kepala sekolah yang baru 2 bulan menjabat sejak dilantik Bupati Sumbawa Barat, pada tanggal 28 Agustus 2021.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *