Liga Surfing Indonesia, Gelar Kontes Selancar Seri 1 Bersama Surfer Sumbawa Barat

  • Bagikan

Sumbawa Barat – Komunitas Selancar Dunia dikenal dengan Sport Ombak Scar Reef, West Sumbawa Surfing Club menggelar Kontes Liga Surfing Indonesia (LSI) seri pertama tahun ini, bersama Surfer lokal di wilayah Pantai Jelenga, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu (24/5/2021).

Kontes tersebut, dimulai pukul 08.00 WITA dimeriahkan oleh para pengunjung lokal dan anggota keluarga yang hadir serta perwakilan sponsor pendukung acara.

Sebanyak 42 peselancar di tiga divisi yang dipertandingkan, beserta anggota keluarga mereka yang ikut menemani event tersebut dengan kondisi ombak 2 sampai 3 kaki.

Cahyo Karyadi Prabowo Koordinator West Sumbawa Surfing Club, dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/5/2021) mengatakan, event ini digelar bersama LSI sebagai ajang promosi destinasi pariwisata di Sumbawa Barat.

(Foto bersama usai acara bersama LSI dan Surfer Sumbawa Barat) Foto hasil tangkapan layar

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Jelenga, Kabupaten Sumbawa Barat,” ujarnya.

Pembukaan event ini, kata Cahyo di tunjukkan oleh peselancar lokal oleh Rizki Karunia Ramadani dari divisi Junior Boys, serta Supratno dari divisi Open Men yang kebetulan keduanya adalah local boys dari desa Jelenga.

“Skor point tertinggi di event hari ini diperoleh oleh Rizki Karunia Ramadani atas manuver dan perolehan ombak terbaiknya,” ujarnya.

Sementara, Ketua PSOI Kabupaten Sumbawa Barat Toni Ardiansyah menjelaskan bahwa Liga Surfing Indonesia adalah ajang kompetisi antar klub yang diikuti oleh 16 klub se Indonesia dengan format 5 kali seri kualifikasi sesama anggota klub, dan 4 Surfer terbaik dari masing-masing divisi akan mewakili klub Surfing Sumbawa Barat dalam kualifikasi Nasional hingga grand final yang akan dilaksanakan di Bali.

“Semoga event ini bisa menjadi ajang berkompetisi terbaik bagi atlet selancar Sumbawa Barat dan dapat mempromosikan potensi sumber daya alam ombak Sumbawa Barat di pentas Nasional,” ujar Tony singkatnya.

Ditempat yang sama, Jack Zainuddin selaku koordinator event seri 1 sekaligus peserta dalam acara ini mengatakan, bahwa kontes pertama ini berjalan dengan sangat baik dan luar biasa.

“Saya senang bisa menjadi bagian dari LSI. Semoga kedepan olahraga selancar ombak terus berkembang sebagai pengembangan dan promosi Pariwisata Sumbawa Barat dan sebagai olahraga prestasi yang dapat melahirkan bibit-bibit atlet untuk mengharumkan nama Bangsa,” kata Jack.

Ia menjelaskan, saat ini Atlet Pelatnas Peraih Medali Emas Sea Games Philippines 2019 dari cabang selancar ombak adalah berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Artinya, kedepan surfing NTB lewat potensi SDA ombak yang dimiliki dapat memajukan pariwisatanya khususnya wisata bahari, bersinar dan berprestasi atlet surfingnya,” kata dia.

Sementara, atlet Rizki Karunia Ramadani dan Supratno, selaku juara pertama divisi Junior Boys dan Mens Open sangat bangga terhadap West Sumbawa Surfing Club dan LSI telah mengadakan kompetisi ini.

“Terima Kasih kepada West Sumbawa Surfing Club dan LSI telah mengadakan kompetisi ini, saya sangat bersemangat dan tidak sabar untuk kompetisi berikutnya,” kata mereka.

Hal serupa dikatakan Sarmidi Chenk pemenang divisi master bahwa ajang ini harus terus dilaksanakan, ini merupakan kesempatan bertemu dan family gathering Komunitas Surfing Sumbawa Barat.

“Kami sangat senang bisa mengikuti acara ini, semoga ini bisa menjadi ajang para Junior Surfing Sumbawa Barat Go To Bigger Stage,” jelasnya.

Untuk di ketahui, sebelum acara dibuka di iringi dengan doa bersama dan bersih-bersih pantai (Beach Clean Up). Kemudian di lanjutkan dengan Kontes perlombaan dan makan siang bersama yang telah di sediakan oleh Panitia Pelaksana West Sumbawa Surfing Club, di warung lokal yang berada di pantai Jelenga.(**)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!