Jelang Lomba Kampung Sehat Jilid 2, ini yang Dilakukan Warga Desa Jenggala

  • Bagikan

InsideNTB.com, Lombok Utara – Lomba kampung sehat jilid 2 yang diinisiasi Polda NTB akan dihelat kembali, setelah sukses dengan lomba kampung sehat jilid 1 yang berhasil membangun dan menciptakan kesadaran masyarakat terkait pola hidup sehat, kini kembali akan di gelar mulai tanggal 10 Februari 2021 sampai 20 Mei 2021.

Konsep lomba Kampung Sehat NTB jilid 2 dengan yang pertama hampir sama, di mana pesertanya terdiri atas tiap-tiap desa dan indikator kemenangan dilihat dari kemampuan warga dalam ketahanan pangan, ketahanan ekonomi, ketahanan kesehatan.

Desa Jenggala sebagai salah satu desa yang akan mengikuti lomba kampung sehat jilid 2 dan sekaligus sebagai juara pertama tingkat kabupaten Lombok Utara pada lomba kampung sehat jilid 1 mulai melakukan persiapan.

Kepala Desa Jenggala, Fakhrudin, S.Pd, dihubungi awak media, Jum’at (19/2/2021) menjelaskan untuk LKS jilid 2 tentunya sebagai kepala desa akan tetap mempertahankan juara kampung sehat seperti pada LKS jilid 1.

Terkait invasi-inovasinya, di sektor kesehatan, Fakhrudin menuturkan, penerapan protokol kesehatan tetap yang utama selama pandemi. Itu sebabnya, di sana, semua rumah, kios, warung, hingga toko, wajib menyediakan tempat cuci tangan. Sementara warga maupun pengunjung luar Jenggala harus menggunakan masker saat memasuki desa.

“Terlebih lagi kita masih dalam masa pandemi covid-19, tentu saja kesemuanya itu kami lakukan secara bersama-sama Dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Staf Desa Jenggala,” tuturnya.

“Lomba Kampung Sehat jilid 2 ini mengambil semangat bahwa kita hadir kembali untuk masyarakat dan masyarakat kembali melombakan kampungnya. Di samping itu, Kampung Sehat jilid 2 ini guna mengedepankan upaya pemerintah pusat dengan mengadopsi semangat PPKM berskala mikro dengan berbasis Kampung Sehat ini, dan TNI-Polri harus bisa mengajak pemerintah desa untuk mendedikasikan usahanya dalam mendukung suksesnya program ini,” sambungnya.

Senada dengan kepala Desa, Babinsa Jenggala, Serma I Gede Agus Suharjana menyatakan setiap persiapan dan aksi yang dilakukan oleh Pemdes setempat tetap dikomunikasikan serta dikoordinasikan, dengan harapan setiap program Pemdes dapat terlaksana dengan baik dan maksimal.

“Kami berharap hal ini dapat terlaksana secara berkesinambungan dan saya selaku Babinsa Jenggala siap mendukung kebijakan Pemdes selama itu baik dan bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Bhabinkamtibmas Desa Jenggala Aipda Gede Wagiartha mengapresiasi langkah langkah yang diambil oleh kepala desa dan masyarakat Jenggala dalam menghadapi lomba kampung sehat jilid 2 ini, “semoga kami bisa mempertahankan juara pada lomba kampung sehat jilid 2 ini,” demikian, singkatnya.(ID/AM)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!