News  

Pemerintah Desa Tepas Uji Warganya Dengan Lomba STBM

(Foto ist : Kepala Desa Tepas Hendra Kusuma)

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Pasca lomba Implementasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat RT dan Dusun akan mengumumkan pemenang lomba pada hari Sabtu 30 Mei 2020 besok. Acara perlombaan tersebut, digelar pada 26 Maret lalu, bertempat di Desa Tepas, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat.

Kepala Desa Tepas Hendra Kusuma, kepada media, Jum’at (29/5/2020) menyatakan, sangat bangga atas terlaksananya lomba STBM beberapa waktu lalu. Menurutnya, ditengah kondisi seperti ini kebersihan merupakan hal terpenting dalam mencegah penyebaran covid-19.

“Kami sangat bangga atas partisipasi warga di lima dusun. Warga kami sangat antusias dan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan untuk menuntaskan lima pilar STBM salah satunya, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Desa Tepas, kata dia, merupakan desa dengan KK sebanyak 533 dan jumlah penduduk 2.358 jiwa, sangat apresiatif dengan langkah yang diambil sebagai bagian dalam mencegah penyebaran wabah corona saat ini.

“Dengan kegiatan yang kami lakukan ini, kita minimalisir warga agar bisa hidup sehat, terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan serta mencegah penyebaran Corona di tengah masyarakat,” ujarnya.

Adapun pemenang lomba STBM, kata dia, di raih oleh Dusun Sario sebagai juara satu, juara dua diraih oleh Dusun Kerato dan juara tiga di raih dusun Genjar. Selanjutnya, juara empat dan lima di raih oleh Dusun Aman dan Dusun Bugis.

“Pemenang lomba ini akan diberikan penghargaan sekaligus akan dipersiapkan untuk terus aktif melakukan kebersihan lingkungan serta menjaga STBM sebagai program daerah ini tetap eksis,” ujarnya.

Untuk diketahui, lima Dusun yang meraih juara telah dinilai oleh tim STBM Kabupaten yang diketuai oleh Pokja STBM Kabupaten Sumbawa Barat, Benny Tanaya bersama tim Kecamatan Brang Rea, DLH, Dikes, DPMPD dan unsur PKK Desa Tepas.

Sementara, Ketua Pokja STBM KSB, Benny Tanaya mengatakan, melalui kegiatan lomba ini diharapkan masyarakat dapat berperilaku hidup bersih dan sehat serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

“Lomba ini, bagian dalam mensukseskan program STBM Pemkab KSB. Kami berharap mulai saat ini masyarakat mampu berperilaku hidup sehat di tengah pandemi Covid-19. Kesehatan merupakan kondisi dimana kita berada jauh atau terbebas dari suatu penyakit dan merupakan sesuatu yang mahal apabila dibandingkan dengan hal-hal yang lainnya. Karena sehat itu adalah awal dari segalanya,” demikian tutupnya.(ID/HD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!