Pemilihan Ketua RT Kelurahan Arken Taliwang, Unik dan Berbeda

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Kelurahan Arab Kenangan (Arken), khususnya warga Lingkungan Arab Kenangan Bawah, Kecamatan Taliwang, menggelar pesta demokrasi rakyat untuk memilih langsung ketua Rukun Tetangga (RT) 05/RW 03 yang bertempat di gang Sasambo, Jum’at (20/9) Malam.

Pemilihan itu di ikuti dua kandidat yaitu, M. Darwis (Incumben) dan Amirin. Di ketahui untuk dana kegiatan Pemilihan Ketua RT ini menggunakan dana swadaya yang di himpun dari Panitia pelaksana dan dibantu dari calon peserta Ketua Rukun Tetangga (RT) untuk menarik para pemilih, panitia pelaksana pemilihan RT pada malam harinya menyediakan tempat yang sudah di hiasi.

(Foto ist: Surat Suara kedua kandidat)

Hadir pada kegiatan tersebut, Lurah Arken Erny Patriani, S.E., Bhabinkantibmas serta seluruh para tokoh masyarakat RT 05/03.

Dalam sambutannya Lurah Arken Erny Patriani, S.E., sangat mengapresiasi kegiatan pemilihan Ketua RT. 05/03 ini hal itu membuktikan dukungan warga terhadap lingkungan sangat besar.

“Kehadiran warga lebih antusias bahkan lebih dari pemilu kemarin. Hal ini mungkin karena pemilihan ketua RT ini tentunya akan dirasakan langsung oleh warga 5 tahun ke depan,” katanya.

Dia mengatakan, siapa pun nanti yang terpilih melanjutkan kepemimpinan sebelumnya, minimal harus bisa mempertahankan yang sudah baik sekarang ini, dan akan lebih ditingkatkan untuk kedepannya, ia juga meminta kepada masyarakat baik di RT yang jumlah pemilihnya saat ini mencapai 67 Kepala Keluarga bisa mendukung Ketua Rukun Tetangga terpilih, mengingat semua pasangan calon merupakan orang-orang yang jiwa sosialnya sangat tinggi.

Melalui pemilihan ketua RT itu, pihaknya akan meningkatkan insentif bagi ketua RT. Ia beralasan RT berperan sangat penting untuk melayani masyarakat dan di lingkungan sekitar.

“Kalau bisa nanti kita usulkan insentif atau honor ketua RT lebih ditingkatkan untuk menghargai jasa mereka dalam mengayomi lingkungan. Siapapun yang terpilih, kita harap didukung warga karena ini merupakan hasil dari pemilihan mereka yang dilakukan secara langsung, jujur dan demokrasi,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama Ketua Panitia pelaksana Pemilihan RT Jalaluddin, SH., mengatakan, pemilihan ketua RT yang dilaksanakan sekarang ini mencerminkan pelaksanaan demokrasi paling bawah.

Untuk itu saya berharap kepada RT yang baru terpilih siapapun nantinya agar kinerjanya bisa memaksimalkan dan lebih kepada mementingkan pemberdayaan masyarakat.

“Diharapkan yang terpilih untuk mendukung program-program Kelurahan Arken,” kata Jalal yang juga anggota Bhabinkamtibmas Wilayah Kelurahan Arken.

(Foto ist: Muhammad Darwis Ketua RT terpilih saat Lurah Arken Erny Patriani, SE., menyematkan kalung bunga sebagai penghargaan atas kemenangan RT terpilih)

Terlihat, usai perhitungan suara, kandidat Ketua RT di menangkan oleh Muhammad Darwis (Incumben) nomor urut 1 dengan masa bakti 2019-2024, dan meraih 30 suara, sementara untuk calon nomor urut 2, Amirin hanya memperoleh 21 suara.

Pemilihan ketua RT dan Kepala Lingkungan secara langsung ini baru pertama kali di gelar di Kelurahan Arab Kenangan. Pemilihan RT ini dimulai pada 20 September hingga 4 Oktober 2019 mendatang secara langsung, Jujur dan demokratis. Adapun partisipasi pemilih untuk RT 05/03 hanya berjumlah 51 KK dari total pemilih 67 KK.(ID/SB)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!