Melalui ABDP, Dikbud KSB Siap Optimalkan Perbaikan Sekolah Terdampak Banjir

Sumbawa Barat | Sejumlah sekolah rusak akibat diterjang banjir di Kecamatan Taliwang dan Brang Rea awal tahun 2023 lalu mulai mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat.

‘’Tahun ini semua kerusakan yang dialami langsung ditangani melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2023,’’ jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sumbawa Barat, Khusnarti, S.Pd kepada wartawan, belum lama ini.

Ia tak menampik, banjir yang melanda Kecamatan Taliwang dan Brang Rea awal Februari lalu mengakibatkan kerusakan disejumlah sekolah. Selain kerusakan fisik, sejumlah sarana dan prasarana pendukung juga ikut terdampak.

‘’Perbaikan ini akan segera kita lakukan dalam waktu tidak terlalu lama. Sehingga fasilitas yang rusak atau terdampak itu bisa difungsikan seperti semula,’’ janjinya.

Peningkatan disektor pendidikan diakuinya merupakan salah satu prioritas yang akan dilaksanakan pemerintah tahun ini. Pemenuhan anggaran 20 persen di bidang pendidikan sesuai amanat undang-undang juga sudah direalisasikan Pemda Sumbawa Barat.

‘’Intinya, selain perbaikan kerusakan akibat banjir, perbaikan dan penataan sekolah agar lebih menarik, tidak kumuh dan memenuhi standar yang berlaku menjadi skala prioritas pemerintah,’’ tandasnya.

Selain fisik, perbaikan di bidang non fisik juga cukup besar dialokasikan melalui APBDP tahun ini. Ia menyebut, untuk tahun ini terdapat sekitar Rp 1,6 miliar dana yang dialokasikan untuk non fisik.

“Untuk peningkatan kompetensi tenaga kependidikan kita juga cukup besar. Ini menjadi sejarah baru bagi KSB,’’ tambahnya.(**)

error: Content is protected !!