Wisman Di NTB Meningkat Gubernur NTB Berharap KSB Persiapkan Diri

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menyebutkan, bahwa kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) yang datang melalui pintu masuk Bandara Internasional Lombok (BIL) pada tahun 2019, tercatat meningkat hingga 425 persen.

“Angka tersebut meningkat apabila dibandingkan dengan periode Januari – September 2018,” kata Gubernur saat di wawancarai awak media, usai menggelar acara Wisuda Starata 1 bagi 88 Sarjana di Universitas Cardova, Sumbawa Barat, Minggu (6/10).

Menurut dia, kenaikan ini karena adanya direct flight dari Australia ke NTB, sehingga memudahkan wisatawan mancanegara untuk terbang langsung dari Australia dan Malaysia.

Berdasarkan data Imigrasi dengan perbandingan angka kunjungan wisatawan Australia pada tahun 2018 (Januari – September) sebesar 2.633 orang, sedangkan pada tahun 2019 sebesar 13.814 orang.

Disinggung terkait imbas dari meningkatnya wisman terhadap perekonomian di Kabupaten Sumbawa Barat, di katakan Gubernur, jika infrastruktur sudah mulai di operasikan, seperti pelabuhan labu lalar dan bandara, maka wisatawan akan datang dengan sendirinya.

“Kedepan, diharapkan KSB untuk bersiap dalam memajukan sektor pariwisata. Upaya pemerintah daerah untuk secepatnya membenahi infrastruktur, bersamaan dengan peningkatan promosi kegiatan dan pelayanan,” demikian Gubernur.(ID/BAS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!