Terkait Pipa Rusak, Dirut Perumda Air Minum Keluarkan Surat Permakluman

Read Time:1 Minute, 57 Second

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Perusahaan Air Minum Bintang Bano, Kabupaten Sumbawa Barat mengeluarkan surat pemberitahuan dan permakluman terkait kerusakan pipa yang terjadi di proyek Tiu Suntuk, Kecamatan Brang Ene, Senin (22/2/2021).

Surat pemberitahuan dan permakluman tersebut di tandatangani langsung oleh Direktur Utama (Dirut) Perumda Bintang Bano Bambang, ST.

Berikut isi surat Pemberitahuan dan Permakluman :

1. Dengan ini dipermaklumkan kepada seluruh pelanggan Perumda Air Minum Bintang Bano, Kabupaten Sumbawa Barat, bahwa telah terjadi kerusakan pipa distribusi air dari sumber air baku ke instalasi pengolahan air jenis HDPE ukuran 12 inc yang berlokasi di jalur sungai di lokasi proyek Bendungan Tiu Suntuk Kecamatan Brang Ene pada Sabtu malam 20 Februari 2021 sekitar pukul 21.00 Wita.

2. Kerusakan baru diketahui pada Ahad pagi 21 Februari 2021 sekitar pukul 08.00 Wita saat dilakukan pengecekan rutin oleh petugas kami di lapangan. Kerusakan pipa terjadi pada satu titik sepanjang 50 meter. Kerusakan ini merupakan kerusakan kedua yang terjadi di lokasi dan penyebab yang sama. Kerusakan pertama terjadi pada Jum’at 18 Februari 2021, tetapi telah berhasil ditanggulangi. Dari kondisi pipa, kerusakan terjadi akibat aktifitas pengambilan material dengan alat berat untuk keperluan pembangunan bendungan Tiu Suntuk yang menyebabkan pipa yang terpasang disepanjang jalur sungai terekapose dan mengalami kerusakan ketika debit air sungai tinggi akibat hujan lebat.

3. Akibat kerusakan pipa ini, suplai air kepada pelanggan, khususnya di wilayah Kecamatan Brang Ene, secara keseluruhan mengalami gangguan sejak Sabtu malam 20 Februari 2021.

4. Petugas kami telah turun ke lokasi dan mengindentifikasi kerusakan dan saat ini proses penggantian pipa sedang dilaksanakan. Mengingat tingkat kerusakan yang cukup berat dan debut air sungai yang masih tinggi akibat hujan, proses perbaikan kami perkirakan akan membutuhkan waktu cukup lama.

5. Untuk sementara suplai air kepada pelanggan di Kecamatan Brang Ene akan ditanggulangi petugas kami dengan mobil tangki sampai dengan proses perbaikan tuntas dan suplai air normal kembali. Kami menyampaikan permohohan maaf sebesar-besarnya kepada para pelanggan atas kondisi ini dan petugas kami terus berupaya melakukan perbaikan agar suplai air bisa segera normal kembali.

6. Kepada kontraktor (pelaksana proyek) yang berlokasi di sekitar jaringan pipa milik Perumda, kami minta untuk lebih berhati-hati dalam melaksanakan pekerjaan. Kami juga meminta kesadaran masyarakat untuk turut menjaga fasilitas pengolahan air dan jaringan pipa yang ada mengingat pentingnya fungsi fasilitas pengolahan air dan jaringan pipa dimaksud untuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat.(ID/RED)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *