Tahun 2024, Dinas Arpus KSB Siapkan Strategi Jitu

(Foto : Kabid Perpustakaan Arpus Mariati, S. Adm)

Sumbawa Barat | Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinas Arpus) Kabupaten Sumbawa Barat terus meningkatkan budaya literasi masyarakat. Guna mewujudkan hal tersebut, Dinas Arpus setempat telah menyiapkan sejumlah strategi jitu agar budaya literasi masyarakat terus berkembang.

Kepala Dinas Arpus Drs. Ibrahim melalui Kabid Perpustakaan Arpus Mariati, S. Adm mengatakan di antara upaya akan dilakukan itu termasuk membangun gedung pelayanan perpustakaan dengan anggaran 9 miliar lebih yang bersumber dari DAK tahun 2024. Dengan memiliki gedung khusus perpustakaan, maka fungsi penelitian, fungsi pendidikan, fungsi rekreasi, fungsi informasi akan direalisasikan, termasuk akan memaksimalkan upayakan layanan.

Ia menjelaskan, dengan upaya tersebut minat membaca masyarakat akan semakin terpacu. Di samping itu, dengan keberadaan gedung baru nantinya, bisa menampilkan suasana kekinian agar perpustakaan semakin menyenangkan untuk dikunjungi para pelajar ataupun masyarakat luas.

“Kami akan terus mendukung peningkatan literasi masyarakat melalui budaya membaca. Koleksi buku juga akan kami tambah sesuai kebutuhan masyarakat,” kata Kabid Mariati kepada wartawan, Jum’at (22/3/2024)

Selain itu, pihaknya akan terus berupaya dalam memaksimalkan penambahan koleksi buku, hal itu dilakukan agar budaya membaca masyarakat tetap terjaga dengan baik. Dinas Arpus juga memudahkan para pembaca dengan menyediakan aplikasi https://kubuku.id/download/perpusda-kab-sumbawa-barat/ dan https://isumbawaBarat.moco.co.id

“Penambahan koleksi buku dilakukan agar budaya membaca masyarakat tetap terjaga dengan baik. Selain itu, untuk memudahkan layanan, kami menyediakan layanan yang berbasis online diantaranya, kubuku.id dan isumbawabarat.moco.co.id semoga, kedepan minat baca masyarakat Bumi Pariri Lema Bariri terus berkembang seiring berjalan waktu,” demikian, pungkasnya.

error: Content is protected !!