Indonesia Kaya Suku dan Budaya

  • Bagikan

Oleh : Bunga Aulia Kahfifa

Mahasiswi : Semester 1 Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Negara kita Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri atas ribuan pulau tersebar di seantero negeri. Dengan kondisi serta letak geografis yang begitu luas, maka tak heran jika Indonesia memiliki beragam suku dan budaya.

Kekayaan Indonesia tidak hanya dari sumber daya alam yang melimpah ruah, namun kekayaan budaya yang begitu majemuk menjadi salah satu pemersatu bangsa di bawah naungan Pancasila dan NKRI. Ada suku Gayo, Minang, Jawa, Sunda, Baduy, Madura, Betawi, Batak, Asmat dan masih banyak lagi suku lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

Keragaman suku, etnis, budaya dan, bahasa yang dimiliki bangsa indonesia, disamping merupakan kekayaan juga merupakan aset yang sangat berharga sehingga menjadi pusat perhatian bangsa lain dan menjadi hal yang menarik untuk dikaji da diteliti oleh berbagai lembaga riset dalam dan luar negeri dan oleh lembaga swasta maupun perorangan.

Beberapa jenis suku, etnis, budaya dan, bahasa yang dimiliki oleh bangsa indonesia antaralain: suku Sasak, suku Sunda, suku Batak, suku Melayu,suku Dayak, suku Asmat dan, masih banyak lagi suku yang terdapat di negara kita yang merupakan sebagai wujud keanekaragaman budaya bangsa yang kita cintai. Dengan banyaknya suku dan budaya yag ada di sekeliling kita dapat menumbuhkan jiwa kebersamaan dalam diri kita, kita akan lebih dapat menerima keberagaman yang ada karena memang kita dalah bangsa yang majemuk dan patit kita mensyukurinya. Dengan adanya sikap yang dapat menerima keberagaman, maka akan muncul jiwa kebersamaan.

Adanya keberagaman suku dan budaya, maka kita akan berusaha untuk mempersatukan keberagaman yang ada dalam artian kita tidak boleh mempermasalahkan dalam hidup berdampingan sesuai dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Persatuan yang ada ini akan mewujudkan dan terciptanya suatu keserasian diantara warga masyarakat sehingga dapat tercipta integrasi nasional. Keberadaan budaya indonesia yang tersebar di seluruh penjuru wilayahnya merupakan wujud keistimewaan dan keindahan bangsa kita. Dengan pengamalan dan prinsip sesuai pengertian budaya yakni cara hidup yang berkembang serta dimiliki bersama oleh kelompok orang atau masyarkat, dan diwariskan dari generasi ke generasi, maka tentulah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga dan melestarikannya sebagai aset yang sangat berharga bagi generasi yang akan datang. Karena budaya terbentuk dari berbagai unsur yang rumit, termasuk sistem agama, politik, adat istiadat, perkakas,bahasa, bangunan, pakaian, serta karya seni dan lainnya. Budaya banyak memengaruhi aspek dalam kehidupan manusia.

Seiring berjalannya waktu, budaya bersifat kompleks, abstrak, dan lues dalam peradaban manusia. Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia yang baik wajib saling menghormati setiap orang dari suku manapun. Karena bisa jadi setiap suku memiliki kebudayaan yang berbeda dengan budaya suku kita, atau mungkin saja bertentangan dengan adat budaya suku kita. Namun kita harus menyadari dengan benar bahwa itulah salah satu kekayaan sesungguhnya dari bangsa Indonesia. Kita tidak boleh mencela adat suku lain hanya karena berbeda dengan budaya kita.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!