News  

Hindari Buang Sampah di Saluran Irigasi, Lurah Bugis Pasang Jaring Pengaman

(Zulkifli Lurah Bugis, Kecamatan Taliwang/foto istimewa)

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Membuang sampah merupakan suatu tradisi yang mana terjadi disetiap Wilayah. Hampir setiap hari masyarakat terkesan gemar membuang sampah sembarang, padahal disekelilingnya sudah banyak terdapat tong sampah, tapi seolah-olah masyarakat tidak peduli dengan hal itu.

Untuk itu, pihak Pemerintah Kelurahan Bugis, Kecamatan Taliwang, dalam mencegah buang sampah sembarangan diwilayahnya melakukan gotong royong bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat setempat dengan memasang jaring pengaman berjenis waring.

(Foto Ist : Terlihat warga saat memasang jaring pengaman)

Lurah Bugis Zulkifli dikonfirmasi media ini, Rabu (15/07/2020) mengatakan, Pemerintah Sumbawa Barat, khususnya Pemerintahan Kelurahan Bugis terus berupaya mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang, apalagi dalam waktu dekat program lomba kampung sehat menuju new normal akan digelar.

Tak hanya itu, bersama masyarakat Lurah yang dikenal low profile ini berinisiatif memasang pembatas jalan disamping paranet agar menghindari para pengguna jalan lebih berhati-hati dalam berkendara. Untuk pengaman berjenis waring sendiri bertujuan agar masyarakat tidak sembarang membuang sampah disepanjang irigasi yang berada di depan kantor Kelurahan Bugis bahkan beberapa waktu lalu irigasi tersebut terkesan kumuh sehingga mengganggu keindahan lingkungan kelurahan Bugis.

“Kami sengaja memasang kain waring agar menutupi atas irigasi yang tadinya kumuh. Untuk itu, kami mengajak dan mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah. Dan upaya ini sebagai bentuk menjaga kebersihan bersama untuk menuju kampung sehat dan tatanan baru pasca covid-19,” ungkapnya.

“Semoga dengan terpasang jaring pengaman dan pembatas jalan, masyarakat tidak lagi membuang sampah di area irigasi. Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan terlebih dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan menuju new normal,” demikian Zulkifli.(ID/S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!