KPU KSB Persiapkan Agenda Pelantikan Anggota PPS

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat, menggelar Rapat Koordinasi bersama semua Ketua Anggota Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretaris PPK. Acara tersebut, digelar di Aula Kantor KPU KSB, kamis (19/03/2020).

Dalam rakor perdana tersebut, membahas seluruh proses persiapan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditengah mewabahnya Virus Corona.

Ketua KPU KSB Denny Saputra, S.Pd mengatakan dalam menyikapi wabah Virus Corona, KPU KSB tetap mengikuti atau merajuk pada protokoler pemerintah daerah dimana pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat tidak melarang kegiatan pelantikan dengan ketentuan-ketentuan.

Berdasarkan Koordinasi yang dilakukan dengan Dinas Kesehatan KSB pelantikan bisa berlangsung dengan ketentuan, panitia harus menyiapkan cairan anti septik di lokasi pelantikan dan seluruh peserta yang hadir di screening.

“Pelantikan PPS tetap akan dilaksanakan sesuai tahapan yaitu pada Ahad, 22 Maret 2020. Pelantikan akan dilaksanakan serentak di 8 Kecamatan dan PPS akan dilantik oleh Komisioner masing-masing korwil,” katanya.

“Berkenaan dengan virus corona, kita akan koordinasi intens dengan puskemas pada masing-masing lokasi, dimana petugas Puskesmas akan turut datang melakukan screening  kepada semua pihak yang hadir dalam pelantikan dan stanby di lokasi’’ jelasnya.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM Herman Jayadi mengatakan rapat tersebut bertujuan untuk memastikan pelantikan akan dilaksanakan. Adapun tugas yang diberikan ke PPK dalam hal ini adalah  menyiapkan lokasi pelantikan sesuai wilayah kerjanya, dalam hal ini melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan atau desa dan menyiapkan stelirisasi sabun anti kuman dan air pencuci tangan.

‘’Agar koordinasi ini lebih efektif selanjutnya sekretaris PPK dapat menjembatani antar kedua belah pihak di masing-masing wilayah. Bersamaan dengan ini juga sekretaris PPK diundang untuk menerima dana oparsional’’ ungkap Herman Jayadi.

Adapun Jadwal kegitan pelantikan di bagai menjadi  2 sesi yaitu sesi pagi dan sore. Sesi Pagi dimulai pukul 08:00-12:00 sementara sesi sore jam 14:00-17:00. Kecamatan yang masuk sesi pagi yaitu Kecamatan Maluk, Kecamatan Jereweh, Kecamatan Brang Rea, Kecamatan Poto Tano. Sesi siang yaitu Kecamatan Sekongkang, Kecamatan Brang Ene, Kecamatan Seteluk, sementara Taliwang masuk sesi pagi dan sore. Dalam pelantikan tersebut akan mengudang Panwascam, Camat, PPK dan Polsek setempat.

‘’KPU KSB dalam hal ini berharap terhindar dari Virus Corona agar kita selalu sehat dalam mengantar pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KSB. Diharapkan, PPK membantu secara maksimal, dan calon anggota PPS yang akan dilantik mudah-mudahan dapat mengemban tugasnya dengan baik. Peran serta Pemerintah, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan dapat meberikan dukungan agar penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bapati Sumbawa Barat Tahun 2020 berjalan lancar,” tukasnya.(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!