Gunakan Sistem Hunting Operasi Zebra 2019, Satlantas KSB Jaring 23 Kendaraan

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Operasi dengan sandi Operasi Zebra Gatarin tahun 2019 kali ini berbeda dengan beberapa tahun lalu dalam pemeriksaan surat dan kelengkapan kendaraan.

Kapolres AKBP Mustofa, S.IK, MH., melalui Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat IPTU Putu Gede Caka, PR, S.IK, mengungkapkan untuk Operasi Zebra Gatarin 2019 tiap petugas di lapangan diberikan motor untuk efektifitas proses operasi.

“Operasi sistem sekarang ini adalah operasi sistem hunting atau patroli, jadi nanti petugas kami dilapangan akan lakukan hunting pakai motor,” katanya Caka kepada media ini, Senin (28/10).

Caka memjelaskan, efektifitas Operasi Zebra 2019 dengan sistem Hunting atau Patroli ini dinilai ampuh karena polisi telah mempelajari pengguna jalan yang sering lari jika ada sweeping kendaraan.

“Jadi operasi sistem hunting patroli ini bergerak, artinya anggota akan bergerak melihat potensi-potensi kecelakaan seperti, tidak memakai helm, bonceng tiga, bahkan untuk periksa surat-surat,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Caka, di samping pelaksanaan tugas pokok bidang Lalu Lintas, Sat Lantas Polres Sumbawa Barat selalu melakukan kegiatan patroli dengan sistem hunting di wilayah seputaran kota Taliwang.

Sasaran dari pelaksanaan patroli dengan sistem hunting dengan pelanggaran kasat mata dan tentunya yang berpotensi menjadi pemicu laka lantas.

“Adapun pelanggaran itu sendiri dari pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm keselamatan serta pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas. Sebagai barang bukti pelanggaran telah diamankan empat sepeda motor dan 19 surat-surat kendaraan,” kata Caka.

Kegiatan tersebut, menurutnya akan dilakukan secara konsisten sebagai upaya mengurangi dan mencegah terjadinya laka lantas.

Caka berharap masyarakat Sumbawa Barat maupun pengendara kendaraan untuk tetap melengkapi dokumen yang sah sebagai pengendara serta melengkapi atribut kelengkapan kendaraan serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan.

“Stop Kecelakaan, Stop Pelanggaran, mari kita sukseskan pencanangan program Tahun Keselamatan untuk kemanusiaan di Kabupaten Sumbawa Barat,” pesan Caka.(ID/BAS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!