Dalam Sepekan Satlantas Polres Sumbawa Barat, Jaring Ratusan Pelanggar

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Puluhan bahkan ratusan kendaraan terjaring operasi zebra gatarin 2019 yang dilakukan oleh Satlantas Polres Sumbawa Barat, di Jalan Undru, tepatnya di depan SDN 01 Taliwang, Sabtu (26/10) malam.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Mustofa, S.IK., MH melalui Kasat Lantas IPTU Putu Gde Caka, S.IK kepada media di lokasi mengatakan, selama dalam operasi zebra gatarin 2019 pihaknya melaksanakan sehari dua kali, namun dalam pekan ini pihaknya mengambil pada malam Minggu dengan spotnya jalan Undru depan SDN 01 Taliwang.

“Pada operasi kali ini, sebanyak 114 kendaraan roda dua yang kami tilang. Satlantas Polres Sumbawa Barat dalam operasi ini bersinergi dengan anggota Kodim 1628/SB,” jelas Caka.

Dalam operasi itu kata Caka, pelanggaran yang paling dominan ditemukan pelanggaran sepeda motor dalam hal ini helm, dokumen kendaraan dan bahkan dokumen pengendara SIM. Sain itu masih ditemukan pelanggaran bagi kompenen kendaraan seperti knalpot racing yang menjadi keluhan bagi masyarakat.

Caka mengatakan, operasi tersebut dilakukan secara rutin sampai dengan tanggal 5 November dalam rangka Cipta Kondisi menjelang hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020.

Caka juga mengingatkan kepada pengendara roda dua untuk menyediahkan helm bagi penumpang dan selalu menyalahkan lampu utama baik roda dua maupun roda empat karena selama satu pekan terakhir terjadi Lakalantas melibatkan komponen pendukung kendaraan dalam hal ini lampu utama.

“Jadi selama pelaksanaan operasi zebra yang kita lakukan ini dengan sasaran utamanya adalah lampu utama kendaraan baik roda dua maupun empat, pengemudi di bawah umur juga menjadi sasaran. Selain itu menggunakan helm, mengurangi laju kecepatan kendaraan apalagi jelang akhir tahun,” ungkapnya.

Caka juga mengatakan pihaknya juga dalam melakukan operasi itu selain menekan angka kecelakaan juga pihaknya tetap mengingatkan terutama dari sisi pelanggaran karena selamanya Lakalantas diawali dengan pelanggaran.

“Melalui operasi gatarin 2019 yang kamk lakukan tersebut dapat memberikan rasa nyaman bagi warga Sumbawa Barat khususnya,” demikian Caka.(ID/BAS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!