Opini  

Tentang Manajemen Pembinaan SDM POLRI yang Unggul

Oleh : Kompol Muhaemin, SH, S.IK, M.IK

Sumber Daya Manusia (SDM) Polri yang berkeunggulan adalah pegawai negeri pada Polri yang profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan berorientasi pada tujuan organisasi.

Dimana keseluruhan proses pembinaan fungsi SDM yang terintegrasi, saling berkaitan, saling mendukung dan secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Manajemen Pembinaan SDM Polri yang berkeunggulandapat dilakukan secara sistematis dan integratif melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dan pengendalian dalam pembinaan SDM Polri yang berkeunggulan dengan menggunakan standar yang dijadikan barometer atau pedoman dalam menentukan suatu keberhasilan pembinaan SDM Polri yang berkeunggulan untuk mewujudkan tingkat produktifitas kinerja pegawai negeri pada Polri.

Manajemen dan Standar Keberhasilan Pembinaan SDM Polri yang berkeunggulan bertujuan untuk, Menyiapkan dan memberikan pelayanan hak yang profesional dan terintegrasi sebagai upaya pemenuhan hak-hak bagi pegawai negeri pada Polri di bidang perawatan, psikologi, pengendalian personel dan pembinaan karier yang dapat diberikan sesuai ketentuan yang berlaku di lingkungan Polri, dan
Menyiapkan pimpinan pada semua level dengan proses dan kegiatan mempersiapkan pegawai negeri pada Polri untuk menduduki jabatan pada semua jenjang karier yang tepat sesuai dengan kompetensi di lingkungan Polri.

Manajemen Pembinaan SDM Polri yang berkeunggulan dilakukan melalui Sistem Informasi Penilaian Kinerja Berbasis Online (SIPK Online) secara terprogram dan berkelanjutan. Dimana SIPK Online tersebut terdiri dari, Penilaian Kinerja Anggota dan PNS Polri, Penelitian dan Pencatatan Personel, Kesehatan, Jasmani, Rohani, Psikologi, Akademik, Data Pribadi, Pendidikan, Kecakapan Bahasa, Jenjang Kepangkatan Riwayat Jabatan, Tanda Jasa Yang Dimiliki.

Metode penilaian SIPK Online merupakan barometer atau pedoman dalam menentukan suatu keberhasilan pembinaan SDM Polri yang berkeunggulan untuk mewujudkan tingkat produktifitas kinerja pegawai negeri pada Polri.
Teori keadilan menjelaskan bahwa kepuasan seseorang tergantung apakah ia merasakan ada keadilan (equity) atau tidak adil (unequity) atas suatu situasi yang dialaminya.

Teori ini merupakan variasi dari perbandingan sosial. Menurut teori ini, seseorang akan membandingkan rasio input hasil dirinya dengan rasio hasil input orang bandingan. Jika perbandingan itu dianggapnya cukup adil, maka ia akan merasa puas. Namun jika perbandingan itu tidak seimbang dan justru merugikan (kompensasi kurang), akan menimbulkan ketidakpuasan dan menjadi motif tindakan bagi seseorang untuk menegakkan keadilan.

Dikaitkan dengan Teori Keadilan (equity theory), Manajemen Pembinaan SDM Polri yang berkeunggulan bertujuan untuk, Menyiapkan dan memberikan pelayanan hak yang profesional dan terintegrasi sebagai upaya pemenuhan hak-hak bagi pegawai negeri pada Polri di bidang perawatan, psikologi, pengendalian personel dan pembinaan karier yang dapat diberikan sesuai ketentuan yang berlaku di lingkungan Polri, dan Menyiapkan pimpinan pada semua level dengan proses dan kegiatan mempersiapkan pegawai negeri pada Polri untuk menduduki jabatan pada semua jenjang karier yang tepat sesuai dengan kompetensi di lingkungan Polri.

Manajemen dan Standar Keberhasilan Pembinaan SDM Polri yang berkeunggulan dilaksanakan dengan prinsip-prinsip, terintegrasi, yaitu dilaksanakan dengan mengintegrasikan semua sistem atau subsistem untuk bekerja secara sinergis dan terpadu sebagai satu kesatuan utuh dan menyeluruh, Berkesinambungan, yaitu dilaksanakan secara terus-menerus dan berkelanjutan, Akuntabel, yaitu dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peruntukannya dan ketentuan yang berlaku, Konsisten, yaitu dilaksanakan dengan menggunakan metode dan prosedur yang sama, Tepat Guna, yaitu dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan berdayaguna, dan
Proporsional, yaitu diselenggarakan berdasarkan keseimbangan tugas, fungsi dan tanggung jawab pada semua tataran kewenangan.

REKOMENDASI:

Untuk meningkatkan Sistem dan Manajemen Pembinaan SDM Polri yang berkeunggulan melalui SIPK Online, maka direkomendasikan beberapa hal sebagai berikut, Adanya komitmen yang kuat dari Pimpinan Polri menyiapkan dan memberikan pelayanan hak yang profesional dan terintegrasi, serta menyiapkan pimpinan pada semua level jenjang karier yang tepat sesuai dengan kompetensi di lingkungan Polri. Pemenuhan anggaran, sarana dan prasarana untuk menunjang operasional sistem ini. Adanya perbaikan dan pengawasan yang berkelanjutan terhadap sistem ini.

error: Content is protected !!