Akibat Tanggul Jebol, Gunung Sari Lombok Barat Terendam Banjir

  • Bagikan

Penulis : Ade Kurnia

Mahasiswa : Universitas Islam Negeri Mataram

Jurusan: Perbankan Syariah/1 D

Senin, 6 Desember 2021 salah satu tanggul yang berada di Lombok Barat tepatnya di Ranjok Gunung Sari jebol, menyebabkan ratusan rumah warga yang berada di wilayah tersebut terendam banjir. Akibatnya, beberapa fasilitas terendam banjir, termasuk perumahan di Medas Gunung Sari, perumahan di sisi sebelah barat SPBU terendam luapan air dari kali medas membuat luapan hampir menyentuh atap perumahan tersebut.

Hal yang sama terjadi juga di Perumahan Bhayangkara Residence Ranjok Gunung Sari, masyarakat berbondong-bondong untuk menyelamatkan diri dari banjir tersebut. Selain itu perumahan Pondok Indah, Desa Jatisela Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat juga mengalami banjir parah akibat tanggul jebol.

Beberapa warga masih terjebak banjir yang mencapai perut orang dewasa yang merendam perumahan tersebut.Kondisi tersebut menyebabkan tim SAR sulit untuk memasuki komplek perumahan tersebut dan diperparah lagi sungai yang masih meluber sehingga menambah derasnya banjir tersebut.

Hal yang sama juga terjadi di Dusun Johar Pelita Desa Jatisela hampir semua warga desa tersebut sudah mengungsi di karenakan banjir sudah menggenangi desa tersebut sejak pukul 08:00 WITA. Rumah mereka dibiarkan kosong tanpa penghuni, karena banjir yang semakin deras masyarakat tidak sempat menyelamatkan barang-barang mereka dan meninggalkan tiga unit mobil yang masih terparkir dirumah warga.
Begitu pula yang terjadi di pemukiman warga di Dusun Kebon Lauk, Desa Sesela, Lombok Barat. Banjir merendam rumah warga.

Kini para warga sudah mengungsi kerumah para kerabat mereka yang tidak terdampak oleh banjir dan hanya membawa barang berharga yang masih bisa diselamatkan dari rumah mereka sampai saat ini, Tim SAR masih melakukan evakuasi untuk para korban yang terdampak banjir dan membuat tenda pengungsian yang berada disekitar lokasi- lokasi yang terdampak oleh banjir tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!