Ciptakan Lingkungan Bersih, Warga Desa Banjar Taliwang Gelar Gotong Royong Zero Waste

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Kegiatan Gotong Royong Zero Waste bertemakan ‘Dari Mata Turun ke Kali’ yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Banjar, Kecamatan Taliwang, Rabu, (23/10) pagi.

Gotong royong Zero Waste adalah kegiatan bakti sosial bertujuan untuk mengurangi limbah sampah plastik di lingkungan sekitar terutama di bantaran sungai serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dalam rangka mempersiapkan desa Banjar sebagai Desa Wisata.

Kepala Desa Banjar Syaiful, S. Sos., ditemui media disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dari masyarakat untuk menjadikan desa Banjar sadar akan kebersihan lingkungan yang berbasis gotong royong.

(Foto Ist : Kepala Desa Banjar Syaiful, S. Sos)

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan potensi wisata yang ada di desa, yaitu wisata sungai, dan wisata panjat tebing,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, sebagai upaya pencegahan terhadap pencemaran sungai dari limbah pengolahan emas yang dapat merusak lingkungan hidup sekitar.

Kegiatan gotong royong Zero Waste juga diharapkan mendapat tindak lanjut dari pemerintah daerah guna mengembangkan desa Banjar menjadi desa wisata.

“Kedepan, diharapkan semua pihak terutama dinas Pariwisata dapat memberikan dorongan dalam pengembangan desa,” tukasnya.

Adapun kegiatan gotong royong ini, dilakukan di beberapa titik desa melibatkan tim peliuk, kepala dusun serta diikuti oleh Babinsa, Babinkamtibmas, LSM Sahabat Bumi, Pokdarwis Batu Rea, Dikes, DLH, KPH Brangrea, Mataiyang, Jereweh, Dinas Pariwisata, Pemuda Sampir, Pemuda Kertasari dan masyarakat sekitar.(ID/KEBAS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!