Hebat,!! Siswa MAN 1 KSB Raih Juara 1 MTQ Tingkat Provinsi

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumbawa Barat membuktikan dirinya sebagai sekolah potensial di Kabupaten Sumbawa Barat dengan meraih juara 1 pada lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi ke-28 tahun 2019.

Hal tersebut dibuktikan oleh Joeniar Bayu Saputra, M. Ali Anshori dan Riki Pratama yang berhasil meraih juara satu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi yang bertema “Mewujudkan NTB Gemilang Melalui Implementasi Nilai- Nilai Universal Al-Quran dalam Membangun Generasi Qur’ani yang Bermartabat, Amanah dan Berkah” ini diselenggarakan mulai tanggal 2 Oktober hingga 9 Oktober 2019 bertempat di Lombok Barat.

Selain Joeniar dan M. Ali di cabang Fahmil putri, yaitu Evi Andani Putri, Sil Hidayatullah, Fatri Aisyah Faridan berhasil meraih juara dua, selanjutnya Syarhil Putra, Indra Afriansyah sebagai saritilawah meraih juara tiga.

Sebelumnya, MAN 1 Sumbawa Barat telah mendapat predikat Akreditasi A tersebut tidak hanya mencetak siswa berprestasi di bidang akademik, akan tetapi mampu mendapat prestasi dalam bidang keagamaan.

Kepala MAN Sumbawa Barat, Zainuddin, S. Ag., M. Pd., ditemui media, Jum’at (11/10) sangat terkesan dan apresiatif terhadap apa yang dicapai oleh siswanya. Ia berharap dengan ditorehkannya prestasi tersebut mampu menginspirasi kepada siswa lainnya.

“Yang terpenting adalah siswa-siswi mampu mengaplikasikan nilai-nilai Al-quran dalam kehidupan mereka sehari-hari, karena esensi sebenarnya dari MTQ ini adalah mewujudkan generasi yang bermartabat dan berakhlakul karimah,” ungkapnya.

Dikatakannya, sebelumnya, jauh hari kontingen KSB ini telah melakukan persiapan yang matang serta pembinaan terhadap siswa yang merupakan program wajib dari sekolah.

“Jadi, walaupun tidak ada perlombaan MTQ, pembinaan sudah kami lakukan setiap minggunya. Alhamdulillah dengan persiapan dan pembinaan yang telah kami terapkan sekolah MAN 1 Sumbawa Barat mampu bersaing dengan sekolah lain yang berada di NTB,” kata Zainuddin.

“Prestasi yang di raih ini merupakan upaya untuk membumikan Al-Quran bagi generasi muda serta menyemangati masyarakat luas untuk mengamalkan Al-Quran,” imbuhnya.

Sementara itu, Ditemui disekolahnya, jumat, pagi (11/10) Joeniar Bayu Saputra, sebagai salah satu untuk juara satu cabang Fahmil Quran mengaku, persiapan dan pembinaaan sebelum mengikuti lomba telah dilakukan dari sekolah secara reguler dari Senin sampai Kamis, hal itu sudah sangat membantu untuk persiapan kami.

“Setiap akhir pekan, selalu ada pembinaan dari sekolah. Dan ini sangat membantu kami,” akunya.

“Insyallah, kedepan, kami akan mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mewakili Provinsi NTB yang akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat pada 2020 mendatang,” kata dia menambahkan.(ID/BAS)

  • Bagikan

Respon (3)

  1. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh …mohon maaf pak ..sy asal sumbawa barat..mohon info tempat belajar tilawatil quran d daerah sumbawa barat di mana ya….?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *