BPOM NTB Dukung Total Uji Lab Kandungan dan Sertifikasi Madu Hutan Mataiyang

  • Bagikan

(Foto Ist : Terlihat Ketua Pokja PIID-PEL KSB Ir. Trisman, ST,. IPM, ASEAN. Eng., pada saat audiensi bersama Kepala BPOM NTB dan Tim)
InsideNTB.com, Mataram – Branding Madu Hutan Desa Mataiyang, Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat, saat ini telah menjadi magnet tersendiri sebagai penggerak ekonomi perdesaan.

Adanya program Inkubasi Inovasi Desa Mataiyang dengan Produk Madu Hutan oleh Kementerian Desa dan PDDT RI memberikan efek domino secara ekonomi serta peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Melihat peluang tersebut, dalam hal ini Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mataiyang bersama TPKK dan kelompok kerja Pilot Inkubasi Inovasi Desa (PIID) bergerak bersama untuk segera mencari formulasi tata kelola dan manajemen pengembangan madu.

“Langkah awal adalah rebranding madu hutan dengan melakukan uji lab kandungan dan sertifkasi Merk Terdaftar dari BPOM NTB di Mataram,” ujar Ketua Pokja PIID-PEL KSB Ir. Trisman, ST,. IPM, ASEAN. Eng., saat di konfirmasi, Senin (7/10).

Menurutnya, langkah awal ini disambut baik oleh Pemerintah Provinsi melalui Kepala BPOM NTB serta di tindaklanjuti dengan sebuah MOU dan Perjanjian Kerjasama BPOM dengan Bupati Sumbawa Barat untuk pendampingan dan sertifikasi khusus Madu Hutan Mataiyang.

“Kedepan, madu hasil Hutan Mataiyang akan di kemas dengan varian labelling yang menarik dengan kandungan unsur madu dilengkapi dengan standar SNI dan sertifkasi halal dari MUI serta kelayakan untuk bisa dipasarkan secara nasional,” jelasnya.

Pada momentum jelang Harlah KSB ke-16 Forum Bisnis Madu Mataiyang dengan melibatkan Forum UMKM, Perbankan, HIPMI NTB dan Jaringan Pengusaha Nasional NTB serta jaringan bisnis lainnya akan melaksanakan kegiatan panen raya dalam waktu dekat.

“Kami berharap, acara panen raya nantinya berjalan sesuai harapan. Demikian juga dengan Bumdes Mataiyang semoga semakin maju disertai dengan konsep ekonomi dari Desa, oleh dan untuk masyarakat Desa. ‘Bangun Desa, Bangun KSB, Bangun Indonesia,” demikian Trisman, sembari menyebutkan motto dari agenda besarnya.(ID/BAS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!