Bakal Ada Kejutan Di Deklarasi Gerindra KSB

Sumbawa Barat | Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak semakin dekat. Sejumlah partai pengusung kini melakukan lobi lobi politik dalam menentukan siapa yang akan di usung nanti.

Sejumlah partai kini telah mempersiapkan para calon untuk dimajukan sebagai Calon Bupati Sumbawa Barat 2024 – 2029.

Salah satunya, Partai Gerindra Kabupaten Sumbawa Barat memastikan diri untuk segera mendeklarasikan bakal Calon Bupati yang akan diusung di Pilkada KSB November mendatang.

Dikonfirmasi wartawan, Sabtu (10/05/2024) Ketua DPC Gerindra KSB, Iwan Panjidinata, SE berjanji akan segera mendeklarasikan hingga memberikan kejutan terkait bakal calon yang akan diusung nanti.

(Foto ist: Iwan Panjidinata, SE ketua DPC Gerindra KSB)

“Bisa jadi kejutan, tapi bukan asal kejutan. Intinya kejutan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sumbawa Barat,” kata Iwan Panji.

Meski begitu, mantan wakil ketua DPRD periode 2014-2019 itu enggan menyampaikan kapan deklarasi itu dilaksanakan. Pihaknya masih harus menunggu arahan dari DPD dan DPP. Ia menyebut, selain dari kader sendiri, tidak mustahil akan muncul nama lain.

Lantas, akankah nama lain itu Amar – Hanifah seperti rumor yang beredar saat ini ?

“Rumor itu biasa terjadi ditengah masyarakat. Tetapi yang jelas, validitas informasinya akan disampaikan di deklarasi nanti,” ujarnya.

Ditengah kondisi politik yang saat ini masih sangat dinamis, segala kemungkinan lanjut Iwan masih bisa terjadi. Apalagi soal koalisi dan siapa figur yang harus diusung, DPC Partai Gerindra KSB tidak bisa berjalan sendiri, tapi harus selalu berkoordinasi dengan DPD dan DPP Partai Gerindra.

“Jadi di deklarasi nanti akan disampaikan, Partai Gerindra mau melakukan koalisi dengan partai apa dan mengusung figur siapa?,” katanya.

Dalam mengambil keputusan, Gerindra lanjutnya tidak akan gegabah terkait nama yang akan diusung. Gerindra kali ini akan lebih berhati-hati dalam memberikan keputusan. Semuanya atas dasar kapabilitas, akseptabilitas, dan komitmen kepada partai dan koalisi pendukung. Yang terpenting juga figur yang akan diusung harus mampu menjalankan visi dan misi presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Kami ingin calon yang kami usung menjadi katalisator terwujudnya visi dan misi Pak Prabowo sebagai Presiden,” jelasnya.

Disinggung soal Pilgub NTB, Iwan menegaskan seluruh  struktur DPC Gerindra 10 kabupaten/kota di NTB, sudah bulat mendukung penuh Lalu Fathul Bahri untuk maju dalam kontestasi Pilgub  NTB 2024.

“Relawan juga telah terbentuk secara masif untuk melakukan kerja-kerja pemenangan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Partai Gerindra adalah partai dengan modal paling kuat untuk mengusung kader sendiri di Pilgub NTB. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Partai Gerindra meraih 10 kursi di DPRD NTB. Raihan tersebut sama dengan Partai Golkar yang menjadi partai pemenang di NTB.

Gerindra hanya membutuhkan mitra koalisi tinggal tiga kursi di DPRD NTB untuk mengusung pasangan calon di pilgub mendatang. Begitupun di KSB, Gerindra memiliki 3 kursi di DPRD KSB.

Gerindra hanya membutuhkan mitra koalisi paling kurang bersama parpol yang punya dua kursi di DPRD untuk mengusung pasangan calon. Syarat untuk parpol yang ingin mengusung Cabup dan Cawabup adalah minimal memiliki 5 kursi di DPRD KSB.

error: Content is protected !!