Mudahkan Pelayanan, Dukcapil KSB Miliki Inovasi “Kreasi”

  • Bagikan

Sumbawa Barat – Untuk memudahkan pelayanan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kabupaten Sumbawa Barat kini memiliki Inovasi pelayanan “Kreasi” (Kerja sambil rekreasi) yang sangat unik dan memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Keunikan dan kelebihan pelayanan inovasi “Kreasi” ini adalah, pelayanan dilakukan secara terbuka di ruang publik, khususnya tempat wisata yang dilaksanakan diluar jam kerja/hari libur (akhir pekan),” kata Abdul Muis S.Sos, M. Si selaku Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dukcapil KSB, kepada awak media ini, Senin, (14/21/2021).

Muis sapaan akrabnya memaparkan, bahwa output produk layanan inovasi “Kreasi” kompleks dan tidak segmentatif. Kemudian muatan kegiatan sekaligus melakukan verivali data adminduk di lapangan dalam rangka pemutakhiran database adminduk.

“Kita melibatkan banyak pihak intern dan antar lembaga sekaligus membuka ruang partisipasi publik secara langsung. Merefresh sistem kerja serta memupuk trust antar personal dan pihak yang terlibat karena bersifat rekreatif, serta membangun rasa kekeluargaan melalui family gathering, adaptif dengan semangat gotong royong dan menjadi role model pelayanan inklusif andalan (Yasinan) adminduk yang mudah direplikasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Muis menjelaskan terkait rencana aksi layanan “Kreasi” jangka panjang seperti, 1. Terbentuknya tim inovasi multipihak secara gotong royong, 2. Sosialisasi legal standing dan diseminasi program/kegiatan layanan Kreasi kemitraan, 3. Konsolidasi sistem pemutakhiran data base adminduk melalui layanan “Kreasi” berbasis Desa, Posyandu dan Agen PDPGR, 4. Terlaksananya layanan “Kreasi” yang mendukung pemutakhiran database adminduk berkelanjutan, 5. Terlaksananya Monev pelaksanaan SIP data adminduk secara digital dari layanan “Kreasi”.

“Tersedianya data base SIP kependudukan yang aktual untuk semua Desa/Kelurahan di Tana Pariri Lema Bariri yang nantinya akan menjadikan KSB pusat pelayanan satu data,” pungkas Abdul Muis.

Untuk diketahui, capaian target kerjasama (MoU) Dukcapil dengan beberapa mitra lembaga dan instansi sudah dilaksanakan dengan melibatkan, RSUD Asy-Syifa, Dinas Sosial KSB, PC IBI Sumbawa Barat, Dinas Dikbud KSB, Pemerintah Desa Beru, Kelurahan Telaga Bertong, Pemerintah Kecamatan Jereweh dan Kecamatan Taliwang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!