Destinasi Wisata Lebo dan  UMKM Pakirum Mandiri Akan Dilauncing Bupati

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Pembangunan destinasi wisata Danau Lebo Taliwang dan geliatnya UMKM di Seputaran kawasan wisata tersebut merupakan bentuk komitmen Pemerintah sebagai Ikon pintu masuk Kabupaten Sumbawa Barat, sehingga kedepan Wilayah Lingkungan Pakirum Kelurahan Sampir, Kecamatan Taliwang, diharapkan menjadi destinasi pariwisata unggulan serta bangkitnya sektor kuliner UMKM yang diperhitungkan dan dapat menjadi salah satu ikon pariwisata sebagai pintu gerbang.

Hal ini dikatakan oleh Pembina Pokdarwis tonyong Bulaeng dan juga pembina UMKM Pakirum Mandiri, Edi Chandra dalam rilisnya, Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, sebuah destinasi pariwisata harus memiliki daya tarik wisata, yaitu segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan,

“Pengembangan daya tarik wisata bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, di samping mengharapkan efek penggandanya untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Pemerintah Daerah dan Kelompok Sadar Wisata serta Kelompok wisata kuliner melalui UMKM  di seputaran kawasan wisata  tersebut memang perlu bekerja keras untuk meningkatkan kunjungan wisata, mengingat Kabupaten Sumbawa barat belum  ada destinasi utama pariwisata,” ungkapnya.

Persaingan pariwisata antar daerah belakangan ini semakin kompetitif. Berbagai daya tarik wisata baru yang instagenik bermunculan. Inovasi dan ide kreatif menjadi tolak ukur daya tarik wisata untuk menggaet kunjungan wisatawan. Selera wisatawan selalu berubah, untuk itu, pengembangan pariwisata harus dibarengi dengan inovasi daya tarik wisata yang mengikuti perubahan selera wisatawan tersebut.

“Berwisata sudah menjadi bagian dari aktivitas manusia. Kehidupan dunia yang semakin modern dan dipenuhi kesibukan selama hari kerja membuat kebutuhan manusia untuk menikmati liburan semakin tinggi. Tren liburan bersama  keluarga tersebut merupakan peluang untuk mengembangkan daya tarik wisata keluarga. Belakangan ini banyak bermunculan objek wisata baru dengan daya tarik wisata yang inovatif,” ujarnya.

Salah satu wisata favorit keluarga, lanjutnya yaitu objek Danau Lebo Taliwang yang dikelola oleh Pokdarwis Tonyong Bulaeng , dengan menawarkan berbagai wahana dan atraksi wisata yang dapat dinikmati seluruh anggota keluarga, diantaranya wahana uji nyali Flying Fox,  wahana permainan anak anak,  wahana naik sampan keliling kolam lebo, wahana karaoke,  serta tumbuhnya UMKM baru. Apalagi di tempat wisata Danau Lebo Taliwang ini  terdapat banyak spot untuk berswafoto. Tidak hanya kaum muda, semua kalangan menyukai hal ini.

“Sekali lagi, internet dengan media sosialnya telah mengubah gaya hidup masyarakat,  termasuk “kebutuhan” untuk meng-update status dengan berswafoto di berbagai objek wisata,” jelas wartawan senior.

Untuk memajukan kedua sektor tersebut,  Bupati Sumbawa Barat Dr Ir H W Musyafirin MM yang akan melauncing secara resmi. “Insya Allah pada hari sabtu tanggal 16 januari Bupati melauncing kedua sektor tersebut di Wisata Alam Danau Lebo Taliwang,” pungkasnya.(RED)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!