Ingat,, ! Besok Pemilihan RT Kelurahan Arken Serasa Pilkada

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Pemilihan Ketua RT. 05/03 Lingkungan Kenangan Bawah, Kelurahan Arab Kenangan (Arken), Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, akan berlangsung besok, Jum’at (20/9) Malam.

(Foto Ist : Muhammad Darwis dan Amirin Kandidat Calon RT)

Pemilihan Ketua RT kali ini, berbeda dengan Pilkada pada umumnya, namun rasanya seperti Pilkada karena sistem pembubuhan tinta di jari pemilih tidak akan diberlakukan.

Ada pula, perbedaan pemilihan ketua RT ini dibandingkan dengan Pilkada umumnya, yaitu para aparat TNI dan Polisi memiliki hak suara serta boleh menjadi kandidat.

Sesuai hasil musyawarah panitia, ditetapkan dua warga yang layak maju dicalonkan untuk mengikuti pemilihan Ketua RT yaitu Muhammad Darwis dan Amirin yang kemudian dicetak di kertas suara dilengkapi dengan foto.

“Tujuan dari pemilihan ini untuk melatih demokrasi yang santun bagi masyarakat. Kegiatan ini, atas inisiatif kami bersama warga sebagai bentuk menggelorakan semangat dalam berdemokrasi. Kemudian sistem pemungutan suara selanjutnya dilakukan selayaknya Pilkada,” ungkap Ketua Panitia Pemilihan RT Jalaluddin, SH., saat di hubungi awak media, Kamis (19/9).

Ia menjelaskan pemilihan Ketua RT 05/03 dilaksanakan, karena masa akhir jabatan ketua lama selama 5 tahun sudah berakhir.

(Foto Ist: Terlihat warga dan Ketua Pelaksana Pemilihan RT saat melakukan musyawarah)

“Sesuai hasil musyawarah dengan sejumlah warga disepakati pemilihan Ketua RT dilaksanakan dengan cara coblosan dengan melibatkan semua warga,” kata Jalal, yang juga merupakan anggota Polsek sekaligus Bhabinkamtibmas Wilayah tersebut.

Sedangkan cara mengisi surat suara adalah dengan mencontreng kandidat yang dipilih oleh warga yang di lakukan di bilik suara. Sementara, untuk daftar pemilih didapatkan dari 67 KK yang terdaftar dan surat suara yang tersedia berjumlah 70 kertas suara.

“Nah dari 67 KK itu diambil dari kaum bapak saja yang mendapat hak suara. Ini bisa menjadi contoh untuk RT lain,” pungkasnya.(ID/SB)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!