Dihari Imlek, Viral Anggota Polres Sumbawa Barat Mahir Bahasa Mandarin

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Viral di media sosial video polisi mengucapkan selamat hari raya Imlek dalam bahasa Mandarin dengan lancar.

Diketahui polisi yang mahir bahasa Mandarin tersebut bernama Briptu Muhammad Zam Zam anggota Polres Sumbawa Barat, Polda NTB yang bertugas di Urkes klinik di Polres Sumbawa Barat hampir 7 tahun lebih.

Muhammad Zam Zam kepada media menuturkan, ketertarikannya untuk belajar bahasa Mandarin membuat dirinya mengikuti assessment Dikbangpes penerimaan bahasa Mandarin dasar pada Januari tahun 2022 lalu.

“Alhamdulillah setelah saya lulus assessment, saya dapat menyelesaikan Pendidikan Bahasa Mandarin Dasar selama 3 bulan di Sekolah Bahasa Polri dengan meraih Peringkat ke 2 dari 20 siswa Bahasa Mandarin,” tuturnya, Minggu (22/01/2023).

Tonton video viral Anggota Polres Sumbawa Barat Mahir Bahasa Mandarin di Hari Imlek

Lanjutnya, setelah dirinya menyelesaikan pendidikan dasar kemudian dirinya mencoba untuk mengikuti Hanyu Suiping Kaoshi 2 (HSK) dan Alhamdulillah dapat lolos dengan nilai 100 pada listening.

Setelah lulus HSK 2 saya mendapatkan beasiswa kesempatan belajar secara daring (online) di kelas Lanjutan (advance Class) di Zhengzhou University Of Light Industry (郑州轻工业大学) selama 2 Semester (1 tahun) dengan dosen pengajar dari China langsung atau biasa disebut Native Speaker.

“Alhamdulillah berkat restu dari pimpinan saya diberikan izin untuk mengikuti studi tersebut. Saya bersyukur sudah menyelesaikan semester pertama pada 2022 dan semester 2 akan dimulai lagi pada bulan Februari 2023 setelah perayaan imlek. Bahasa Mandarin sangat menarik dan menantang, jadi harus banyak belajar membaca dan menulis agar tidak mudah lupa,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin, S.IK.MIP melalui Kasi Humas IPDA Eddy Soebandi, S.Sos, mengapresiasi kemahiran BRIPTU Muhammad Zam Zam telah menekuni belajar bahasa Mandarin.

“Tentu dengan prestasi ini, pimpinan kami sangat mendukung anggota yang belajar bahasa asing. Kita berharap ada lagi anggota seperti Muhammad Zam Zam,” demikian, singkatnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!