Syarat Bacaleg Gerindra Harus Kantongi Dukungan Toga, Toma dan Ormas

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai Gerindra Kabupaten Sumbawa Barat berencana membuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif Anggota Legislatif (Bacaleg) pada 10 November hingga 10 Desember 2022 mendatang.

Ketua DPC Gerindra Iwan Panjidinata, SE kepada wartawan, Sabtu (29/10/2022) menjelaskan, bahwa akan mempersilakan baik kader maupun non kader untuk mendaftar, sebagai Bacaleg untuk Pemilu 2024.

Namun demikian, kata dia, ada persyaratan yang harus dipenuhi yakni, harus bisa mengantongi bukti dukungan dari Tokoh Masyarakat (Toma), Tokoh Agama (Toga) atau Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Timses di Dapil yang bersangkutan.

“Kita tidak ingin mereka asal daftar. Nanti secara internal partai saya menginstruksikan kepada ketua Bappilu Gerindra agar melaksanakan setiap tahapan-tahapan yang telah ditentukan,” kata Iwan Panji.

Untuk tingkat Kabupaten, jelas, mantan Wakil Ketua DPRD KSB periode 2014-2019 itu, harus mengantongi dukungan minimal 20 orang tokoh masyarakat atau ormas di Dapil nya. Sementara, untuk Bacaleg di tingkat Provinsi harus mengantongi dukungan minimal 50 orang tokoh masyarakat atau ormas di dapilnya.

“Dukungan itu harus dibuktikan dengan surat pernyataan yang dibubuhi tanda tangan dengan materai 10.000. ini untuk membuktikan keseriusan dan komitmen untuk jadi bacaleg dari partai Gerindra,” bebernya.

Kemudian, lanjutnya, Bacaleg juga harus menyatakan kesanggupan untuk berjuang sepenuh hati memenangkan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 di Dapil tersebut, serta Bacaleg harus loyal terhadap kepengurusan partai.

“Ini persyaratan yang harus dipenuhi bagi yang mau daftar Bacaleg untuk intern dan eksternal partai Gerindra,” bebernya.

Dengan persyaratan itu, Ia berharap dalam seleksi pencalegkan ini diperoleh para Bacaleg yang punya komitmen serta berintegritas memenangkan partai Gerindra pada pemilu 2024, baik terhadap dukung untuk Caleg Provinsi maupun Caleg DPR RI yang diinstruksikan Partai.

“Target kami Pemilu 2024 harus kita menangkan partai Gerindra di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi dan menangkan Presiden di Pilpres 2024,” demikian, Iwan Panji, sembari menyatakan dirinya akan maju menjadi Bacaleg Provinsi NTB di pemilu 2024 mendatang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!