Bupati Mimika Ditangkap KPK

  • Bagikan

Jakarta | Bupati Mimika Eltinus Omaleng, ditangkap KPK di salah satu hotel di Jayapura, Papua. Kini Eltinus masih diamankan di Mako Brimob Polda Papua.

“Saat ini yang bersangkutan ada di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja,” ucap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura, seperti dilansir, Rabu (7/9/2022).

Penangkapan Eltinus di salah satu hotel itu disebut terjadi pukul 12.00 WITA. Di sisi lain, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri baru sebatas membenarkan terkait penangkapan itu.

“Betul (yang bersangkutan) dijemput paksa,” kata Ali memberikan konfirmasi secara terpisah.

Sementara, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keterangan di Jakarta baru-baru ini mengatakan, setelah dilakukan penangkapan yang bersangkutan Bupati Mimika sudah diamankan di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja Jayapura.

“Benar, yang bersangkutan akan dibawa ke Jakarta,” kata Nurul.

Eltinus sejatinya belum secara resmi diumumkan KPK sebagai tersangka. Status tersangka Eltinus baru diketahui ketika dirinya mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada awal Agustus 2022.

Namun gugatan itu kandas. Eltinus tetap menjadi tersangka KPK.

Seperti diketahui, KPK tengah mengusut dugaan tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan gereja di Kabupaten Mimika, Papua. KPK tengah mengumpulkan sejumlah alat bukti dan memeriksa sejumlah saksi.

“Bahwa benar saat ini KPK sedang melakukan penyidikan atas dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 tahap 1 TA 2015 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua,” kata Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (4/11/2020).

Ali mengatakan KPK akan memeriksa sejumlah saksi untuk mengumpulkan alat bukti. KPK juga telah memeriksa saksi-saksi terkait kasus dugaan korupsi pembangunan gereja di Mimika.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!