Sudah Tak Layak Pakai, Tossa di Taliwang Minta Diperbaiki

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Sejumlah unit Tossa pengangkut sampah yang beroperasi di wilayah Kecamatan Taliwang mengalami kerusakan dan tak layak pakai.

Kerusakan itu, dipicu kondisi alat pengangkut sampah (tossa) kurang terawat, sehingga masyarakat setempat meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk segera memperbaikinya.

“Harapan kita pemerintah segera memperbaiki sejumlah tossa yang tak layak pakai, bila perlu di ganti dengan yang baru, maintenance juga perlu diperhatikan agar pengoperasian unit tossa lebih maksimal,” kata salah seorang warga Taliwang, Mujid Muji, kepada wartawan, Rabu (27/7/2022).

Di sejumlah lingkungan, di Kecamatan Taliwang, kata dia, sejumlah unit tossa saat ini mengalami kerusakan dan butuh perhatian serius pemerintah daerah untuk diperbaiki.

“Jika tidak perbaiki segera, tidak menutup kemungkinan sampah di rumah warga akan semakin menumpuk tentu akan berdampak pada lingkungan,” ujarnya.

Terkait persoalaan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbawa Barat melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Muhammad Ikhsan, SE dihubungi wartawan, Rabu (27/7/2022), mengaku kondisi itu terjadi karena minimnya anggaran pemeliharaan. Dengan keterbatasan anggaran itu, artinya belum bisa mencukupi mulai dari perbaikan mesin dan service lain-lainnya.

Sudah Tak Layak Pakai, Tossa di Taliwang Minta Diperbaiki
(Foto Ist : Muhammad Ikhsan, SE, Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Sumbawa Barat)

“Anggaran kita hanya Rp 70 juta pertahun, itupun hanya untuk mengganti oli saja, kalau untuk sparepart dan service mesin belum bisa terpenuhi karena keterbatasan anggaran,” terangnya.

Kendati demikian, lanjutnya, pihaknya akan memaksimalkan pengangkutan sampah dengan menggunakan unit yang dimiliki saat ini untuk membackup unit yang telah rusak.

Selain itu, Ia berharap warga tidak membuang sampah sembrangan sehingga sampah di lingkungan tersebut bisa teratasi dengan baik.

“Walaupun unit tossa terbatas tapi kami berharap masyarakat jangan membuang sampah sembrangan,” harapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!