Selama Bulan Ramadan, Ini yang Dilakukan Siswa SDN Sermong 

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Bulan Ramadan merupakan bulan suci penuh berkah dan ampunan. Berbagai kegiatan ibadah dengan pahala berlipat ada di dalamnya dan kesempatan itu diraih oleh umat muslim di seluruh dunia. Berbagai kegiatan bulan Ramadan ini pun perlu diajarkan kepada anak-anak, agar menjadi kebiasaan baik dan selalu mereka lakukan terutama sebagai umat muslim.

Seperti dilakukan di SD Negeri Sermong, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Para siswa khususnya kelas 6 di sekolah ini, diwajibkan melaksanakan tadarus atau membaca Al-Qur’an selama bulan suci Ramadan. Kegiatan tersebut berlangsung di rumah masing-masing siswa. Dan dilaporkan setiap hari ke guru dalam bentuk video atau foto kegiatan.

Kepala SDN Sermong, Surdianah, S.Pd., mengatakan, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap bulan Ramadan sebagai salah satu pembiasaan anak. Untuk kegiatan tadarus, setiap siswa akan melaporkan juz, surat, dan ayat yang dibaca setiap harinya.

“Laporan itu dimaksudkan agar mereka selalu membaca Al-Qur’an setiap hari di rumah selama bulan Ramadan,” ujar Sur, sapaan akan ia dipanggil, pada Selasa (5/4/2022).

Kegiatan bulan Ramadan bagi siswa SDN Sermong ini, lanjut perempuan yang hoby dibidang seni itu, adalah sejalan dengan himbauan atau program Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa Barat, yaitu gerakan warga sekolah mengaji.

“Kegiatan ini menitikberatkan pada pembiasaan dan penanaman keimanan siswa melalui ibadah di bulan Ramadan. Minimal siswa rajin membaca Al-Qur’an dipantau orang tua dan guru,” katanya.

Ditambahkannya, selain kegiatan tadarus Al-Qur’an bagi siswa kelas kelas VI. Kegiatan Siswa untuk kelas III, IV dan V, masing-masing siswa dibagikan buku Agenda Kegiatan Ramadhan. Agenda Kegiatan Ramadhan tersebut berisi beberapa bagian yang harus diisi oleh siswa, tentunya dengan jujur dan ditandatangani oleh orang tua dan imam sholat. Ibadah kegiatan-kegiatan lain di Bulan Ramadhan seperti Puasa Ramadhan, Shalat Wajib Lima Waktu, Shalat Sunnah Tarawih, Shalat Jumat, dan ceramah agama, itu semua diisi pada buku agenda kegiatan Ramadhan.

“Sedangkan untuk siswa kelas I dan II diharuskan menyetor hafalan ayat-ayat pendek. Nah, Semua kegiatan ini nantinya akan terus dipantau oleh orang tua siswa, guru PAI atau guru kelas masing-masing. Dan serangkaian kegiatan ini, selama bulan ramadhan, baik disekolah maupun dirumah dikemas dalam “Pesona Ramadhan SDN Sermong 2022,” demikian tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!