Akibat Banjir di Lombok Barat

  • Bagikan

Oleh : BQ Dini Maulida

Mahasiswi : UIN Mataram

Banjir meredam pemukiman warga dan sejumlah rumah di Kabupaten Lombok Barat khususnya di wilayah Sasela, Batu Layar, Kecamatan Lombok Barat dan sekitarnya, pada Senin 6 Desember 2021.

Para warga setempat terpaksa harus mengungsi ditempat yang lebih aman mengingat, guyuran hujan deras dari malam hingga pagi mengakibatkan banjir semakin tinggi, dan membuat aktivitas warga setempat menjadi terganggu.

Tidak hanya itu, banjir juga telah membuat banyak warga kehilangan barang berharga, belum lagi kerusakan akses, sehingga jalan ditutup sementara, terutama jalan yang berada didekat pantai di wilayah Lombok Barat.

Banjir ini juga membuat banyak rumah rusak parah salah satunya di Kecamatan Batu Layar yang mengakibatkan jembatan diwilayah tersebut hancur disebabkan tinggi banjir mencapai atap rumah warga membuat warga harus berjalan menerjang genangan air.

Adapun banjir tersebut, mengakibatkan 4 orang meninggal dunia dan 6 orang luka-luka. Banjir tersebut tidak berpotensi tsunami, tetapi banyak wilayah mengantisipasi terhadap air laut yang bisa saja naik akibat hujan yang terus menerus. Tetapi untungnya hujan cepat reda sehingga banjir tidak semakin meninggi dan air laut tidak naik. Warga yang terkena banjir berharap banjir segera surut agar warga bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Selain itu, warga berharap agar pemerintah bisa mengirimkan bantuan untuk membantu warga-warga yang terkena banjir. Oleh karna itu marilah kita bersama-sama membantu korban bencana walaupun hanya sehelai baju karna itu sangatlah berguna bagi mereka dan mari kita berdoa agar kita tetap dilindungi dari segala musibah.

 

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: insidentb@gmail.com,/redaksiinside2019@gmail.com.

Terima kasih.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!