Sebanyak 10 Ribu Titik PJU-TS di KSB Akan Segera Terpasang

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Sebanyak 10 ribu titik di Kabupaten Sumbawa Barat akan mendapat program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS).

Pemasangan lampu PJU-TS ini merupakan program karya anak bangsa melalui PT Diaz Biro Persada dan Maint Cont untuk Kabupaten Sumbawa Barat dilaksanakan oleh PT Dende Tanah Bulaeng.

Pimpinan Tehnik PT Dende Tanah Bulaeng Syamsul Bahri menjelaskan, PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya, sehingga menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada desa yang belum terjangkau listrik PT PLN (Persero).

“Untuk tahap awal pemasangan lampu terang jalan ini sebanyak 1.300 titik dari 10 ribu titik yang ada di wilayah KSB. Adapun pemasangan kita prioritaskan pada akses jalan, masjid dan fasilitas lainnya yang masih minim penerangan. Selain itu, kami ingin membantu masyarakat fakir miskin yang belum memiliki listrik,” ungkap Syamsul Bahri usai kegiatan Launching dan Peletakan Batu Pertama PJU-TS yang dihadiri oleh Dirut PT Diaz Biro Persada Farial Yudha, Sekretaris Daerah Sumbawa Barat, Abdul Aziz, SH, MH, Ketua DPRD KSB Kaharuddin Umar, Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi, Wakapolres, Kepala BNNK, Kejari, Lurah Kecamatan Taliwang dan sejumlah Kepala Desa, bertempat di Kedai Sawah, Komplek KTC, Sabtu (24/10/2020).

Dijelaskan, dalam rangka melaksanakan program Desa terang menuju Indonesia Terang masyarakat dapat saling bahu-membahu agar pemasangan penerangan tersebut berjalan maksimal.

“Semoga program tersebut bisa berjalan dengan baik, dan sesuai dengan harapan masyarakat untuk menjadi Desa terang menuju Indonesia terang,” harapnya.

Ditempat yang sama, Direktur Teknik PT Dende Tanah Bulaeng, Khairuddin mengatakan sebagai Maint Cont, PT Diaz Biro Persada optimis pembangunan PJU-TS akan segera berjalan dan terealisasi di beberapa titik di wilayah KSB.

(Foto Ist : Direktur Teknik PT Dende Tanah Bulaeng, Khairuddin bersama Isteri)

Setelah di launching hari ini, pihaknya selaku pelaksana berharap pihak terkait dan masyarakat KSB untuk bersama-sama menjaga pembangunan PJU-TS.

“Kami minta peran masyarakat membantu dan menjaga lampu-lampu jalan ini,” pungkasnya.(***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!