Hebat,,! Seorang Guru SMPN 1 Taliwang, Raih Juara III Lomba Karya Inovasi Tingkat Nasional

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Kreatif dan membanggakan, itulah yang dapat diberikan pada Ibnu Dwi Kustadiyono M.Pd, Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat ini meraih juara III Nasional dalam lomba Karya Inovasi Guru tingkat SMP.

(Foto Ist : Ibnu Dwi Kustadiyono M.Pd, peraih juara III)

Lomba karya inovasi guru ini diselenggarakan oleh PT Astra bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) melalui Virtual Zoom dengan judul Penelitian : “Meningkatkan Prestasi Belajar IPA pada SMPN 1 Taliwang melalui Midi Web Cam tahun 2020”

Dalam lomba yang diselenggarakan sejak 10 hingga 14 Agustus 2020 lalu, ia meraih juara berkat inovasinya menampilkan mickroscop digital dengan menggunakan barang bekas, dibantu dengan Handphone dan aplikasi.

“Alhamdulillah, berkat semangat dan dukungan dari siswa dan sekolah kami dapat meraih juara III tingkat Nasional,” ungkap Ibnu Dwi Kustadiyono, saat diwawancarai, Kamis (27/8/2020).

(Foto Ist : Para Pemenang Lomba)

Dalam lomba tersebut presentase Finalis berjumlah 15 peserta tingkat SMP dari jumlah pendaftar 5800 peserta di tingkat Nasional.

Ia menjelaskan, melalui alat mickroscop digital yang dibuat dari bahan bekas ia kemudian berkolaborasi dengan sejumlah siswa untuk mepraktekan alat tersebut.

Ibnu kemudian menceritakan, awalnya para siswa kesulitan belajar praktek menggunakan alat mickroscop yang jumlahnya terbatas. Ia kemudian menemukan ide untuk membuat mickroscop yang murah dan simple tetapi bermanfaat dan dapat digunakan oleh siswa.

Ia kemudian mencoba mengumpulkan sejumlah barang bekas yang murah dan mudah didapatkan. Ide itu lalu direalisasikan bersama para muridnya dan hasilnya sukses.

Inovasi inilah yang kemudian membawa namanya meraih juara III Lomba Karya Inovasi Guru tingkat Nasional.

“Semoga karya ini dapat bermanfaat bagi para siswa dan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” harapnya.

Pada lomba tersebut, juara I diraih oleh Eri Teguh Kurniawan Suyatna dari SMP Ciasem Subang Jawa Barat dan Ipung Kandri Kaswari dari SMP 2 Gedangsari, DI Yogyakarta yang meraih juara II.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMPN 1 Taliwang, Abdul Muis SPd, mengapresiasi yang dilakukan Wakasek bersama para siswa yang menampilkan kreativitas sehingga dapat meraih juara di tingkat nasional.

(Foto Ist : Kepala Sekolah SMPN 1 Taliwang, Abdul Muis S.Pd)

“Saya ucapkan selamat dan ini adalah kreativitas yang sangat luarbiasa membanggakan,” ungkapnya.

Ia berharap ke depan, apa yang diraih oleh guru dan siswa ini dapat menjadi motivasi yang positif bagi siswa dan guru-guru lainnya untuk terus mengembangkan potensi yang ada disekitar menjadi penemuan yang kreatif.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!