Workshop Tata Kelola Kearsipan Sebagai Upaya Tingkatkan Pemahaman Di Kanwil Kemenag NTB

  • Bagikan

InsideNTB.com, Mataram – Kegiatan workshop tata kelola kearsipan di lingkungan wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bertujuan untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan tentang bagaimana tata cara pengelolaan kearsipan yang baik di lingkungan Satuan Kerja.

Kegiatan tersebut, di ikuti puluhan peserta dari Kabupaten/Kota Se-NTB dimana peserta merupakan pelaksana administrasi. Adapun acara ini digelar mulai 11 hingga 13 Oktober 2019 bertempat, dihotel Puri Indah Mataram, Minggu (13/10) Kemarin.

Ketua panitia H.Lalu Muhammad Amin dalam laporannya mengungkapkan bahwa tujuan workshop ini untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan tentang bagaimana tata cara pengelolaan kearsipan yang baik di satker.

“Tata kelola kearsipan mempunyai peran penting dalam sebuah kantor dan perlu pengelolaan arsip yang baik dan benar. Dan hal mutlak yang harus dilakukan di sebuah kantor ketika dalam membutuhkan arsip dengan cepat dan waktu yang singkat dapat ditemukan dengan cepat,” kata H.Lalu Muhammad Amin.

Sementara, Kabag TU H. Sirojudin dalam sambutannya ketika membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda yang sangat penting di lakukan, terutama di lingkup Kanwil Kemenag NTB.

“Arsip merupakan sumber informasi sebuah organisasi atau perorangan, arsip ini sangat penting untuk mengingat kembali dan merupakan sumber pengingat kembali,” ungkapnya.

Dikatakannya, tantangan kita kedepan terkait kearsipan ini sangat diperlukan oleh satker dan persoalan arsip akan berpengaruh kepada efektivitas Satker, karena nantinya didalam pemeriksaan selalu yang dicari adalah arsip.

“Hilangnya sebuah arsip akan bisa menghilangkan sebuah sejarah dan sistem kearsipan saat ini harus dirubah kedalam sistem kearsipan digital untuk mengurangi tempat dan lebih hemat,” ujarnya.

Selain itu, dengan sistem arsip digital ini akan mampu mengubah dan membuat suasana kerja yang nyaman dan perlu juga dilakukan scan atas arsip untuk diarsipkan kedalam arsip digital dan bisa dibutuhkan pada saatnya nanti.

“Semoga kedepan, pengelolaan arsip dapat dilakukan menjadi lebih baik dan profesional,” kata dia.

Ia juga menyampaikan, melalui arsip ini kedepannya dapat menghindari terjadinya pekerjaan yang berulang-ulang dan data yang tersimpan dengan baik akan bisa dibuka kembali pada saat dibutuhkan dan bisa digunakan dalam pengambilan kebijakan.

“Intinya perkuat tata kelola kearsipan dan data di satker di wilayah masing-masing. Terutama penempatan para pelaku dan pelaksana administrasi yang lebih berkompeten,” tukasnya.

Untuk di ketahui, acara tersebut, di hadir oleh Kabag TU H. Sirojudin didampingi Kasubbag Hukum Muhammadan FKUB Drs H. Nasrullah dan ketua panitia H. Lalu Amin, SH.(ID/MSJ)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!