Berantas DBD, Dirut RSUD Asy Syifa Minta Partisipasi Masyarakat

Sumbawa Barat | Direktur Rumah Sakit Daerah. Kabupaten Sumbawa Barat Asy Syifa dr. Carlof Sitompul mengatakan partisipasi masyarakat dalam memberantas sarang nyamuk penting untuk mengatasi dan mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Peningkatan partisipasi masyarakat ini paling penting untuk memberantas sarang nyamuk, perlu kesadaran masyarakat,” kata dr. Carlof kepada wartawan, Senin (26/2/2024).

(Foto ist: Dirut RSUD Asy Syifa KSB dr. Carlof Sitompul)

Ia menjelaskan, peningkatan partisipasi masyarakat yang berkesinambungan merupakan bentuk kerjasama dengan pihaknya beserta dinas kesehatan setempat.

“Peran masyarakat sebagai langkah pencegahan termasuk dalam strategi percepatan penanggulangan DBD. Sebab kami di beberapa wilayah KSB telah menjalankan program pogging,” terangnya.

Selain itu, kata dia program 3M plus–Menguras, Menutup, Mendaur Ulang berikut berbagai kegiatan pencegahan lainnya seperti memelihara ikan pemakan jentik, memasang kawat di pintu dan ventilasi serta memberikan larvasida di tempat penampungan air diharapkan bisa membantu mengatasi penyakit ini.

Pencegahan juga dapat dilakukan lewat pengembangan imunisasi DBD yang ia harap bisa segera diakses secara luas oleh masyarakat.

“Pemerintah, saat ini, sudah berupaya meningkatkan kesadaran soal pentingnya menangani DBD, mengajak partisipasi masyarakat memantau jentik-jentik di sekitar rumah agar sarang-sarang nyamuk segera diberantas.

error: Content is protected !!