Bupati Sumbawa Barat Raih Penghargaan Ajang Baznas Award Tingkat Nasional

Jakarta | Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.H.W.Musyafirin, MM meraih penghargaan dalam ajang Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award tingkat Nasional dengan kategori, Bupati Pendukung Utama Pengelolaan Zakat yang berlangsung di Puri Agung Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Agenda tahunan penganugerahan Baznas Award ini, dilakukan Baznas RI dengan tema “Berkah Berzakat: Terima Kasih Muzaki, Terima Kasih Mustahik”.

Adapun pemberian penghargaan Baznas Award diberikan kepada kepala daerah dalam rangka mengapresiasi kinerja organisasi pengelola zakat dan stakeholder yang turut mendukung dan mendorong kebangkitan zakat di Indonesia.

“Terima kasih atas penghargaan ini. Semoga Baznas menjadi lembaga dalam mengelola dan menyalurkan dana zakat, infaq, sedekah sehingga dapat meningkatkan nilai manfaat bagi kehidupan masyarakat,” kata Bupati usai menerima penghargaan di Jakarta.

Sementara, Ketua Baznas Prof Dr. KH. Nur Ahmad MA menyampaikan, pengumpulan zakat tahun ini terjadi peningkatan rata- rata 30 sampai 35 %. Potensi dana zakat ada dimana-mana, tinggal bagaimana kita bisa mengembangkannya.

“Kami terus mengerakkan, kalau kemarin kita luncurkan gerakan cinta zakat, sekarang kita luncurkan lagi dengan tema Berkah Berzakat Terimakasih Muzaki Terimakasih Mustahiq. Tema tersebut, karena ternyata selama covid kita bisa memberikan begitu banyak bantuan selama dua tahun. Berakhirnya covid diantaranya karena zakat. Selama covid, peningkatan orang berzakat justru luar biasa bahkan melebihi 40 % dan yang mengagumkan, mereka tidak hanya berzakat tapi juga berinfaq dan mengagumkan juga bahwa ternyata kebanyakan dari kalangan anak-anak muda. Ada 36,4 juta masyarakat miskin, kami berjanji dengan Bapak Wapres, Insya Allah dengan Baznas kita akan bersama-sama bisa menyelesaikan kemiskinan ekstrim yang ada di Indonesia,” ungkap Ketua Baznas.

Berikut Kepala Daerah yang menerima penghargaan Baznas Award 2023 yakni, Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat sebanyak 15 Gubernur yaitu, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Bengkulu, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Sulawesi Tengah, Gubernur Aceh, Gubernur Riau, Pj Gubernur DKI, Gubernur Jawa Barat, Gubenur Jawa Tengah, Gubernur Jambi, Plh Gubernur Papua, dan Gubernur Sumatera Utara,

Sementara untuk Bupati dengan penghargaan sebagai Bupati Pendukung Utama Pengelolaan Zakat yaitu Bupati Aceh Selatan, Pj Bupati Banten, Bupati Bireng, Bupati Labuhan Batu Utara, Bupati Pelalawan, Bupati Siak, Bupati Kepulauan Seribu, Bupati Garut, Bupati Tasikmalaya, Bupati Sumedang, Pj Bupati Cilacap, Bupati Banyumas, Bupati Karanganyar, Bupati Sragen, Bupati Kendal, Bupati Ponorogo, Bupati Lumajang, Bupati Ngawi, Bupati Tuban, Bupati Gresik, Bupati Sambas, Bupati Tanah Laut, Bupati Bone, Bupati Baru, Bupati Wajo, Bupati Gorontalo, Bupati Sumbawa Barat dan Bupati Banyuwangi.

Untuk Kategori Walikota yaitu Walikota Medan, Walikota Tangerang Selatan, Walikota Bandung, Pj Walikota Sabang, Walikota Surakarta, Walikota Jambi, Walikota Tarakan, Walikota Makasar, Walikota Gorontalo, Walikota Padang, Walikota Surabaya, Walikota Palembang, Walikota Bandar Lampung, Walikota Jakarta Pusat, Walikota Jakarta Barat, Walikota Jakarta Timur, Walikota Jakarta Selatan, dan Walikota Jakarta Utara.

error: Content is protected !!