Diskan KSB Bagikan Mesin Tempel untuk Nelayan

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Banyak jalan menuju roma. Peribahasa tersebut rasanya tepat dialamatkan kepada Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat dalam mensejahterakan nelayan.

Bertempat di halaman kantor, Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan menyerahkan mesin tempel sebanyak enam unit untuk nelayan di Kecamatan Taliwang, Selasa (30/5/2022) kemarin.

“Ada 11 unit pengadaan mesin tempel. Hari ini kami serahkan. Sisanya akan kami serahkan secepatnya ke nelayan Kecamatan Poto Tano,” terang Ahlul Afwan, Kabid Perikanan Tangkap pada media usai penyerahan.

Sementara, terkait pengadaan 11 mesin tempel itu, sebutnya bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 440 juta, terlebih dari hasil pengadaan itu terdapat sisa kurang lebih Rp 150 juta. Untuk anggaran sisa itu, sambungnya, pihaknya berencana menggunakan untuk kebutuhan lain yang muaranya untuk membeli dan membantu kebutuhan nelayan.

“Kami niatnya seperti itu. Tetapi, kita tunggu arahan dari kementrian kelautan dan perikanan RI,” bebernya.

Kepada penerima bantuan, kata dia, pihaknya berharap agar barang yang telah diberikan itu selanjutnya dirawat dan dijaga agar umur pemakaiannya panjang. Lebih-lebih lagi agar menggunakan alat tersebut sesuai kebutuhan penangkapan.

“Yang paling penting ialah jangan sampai alat bantuan diperjualbelikan. Kalau itu terjadi, maka ada sanksi sosial yang akan di berikan,” terangnya.

Pemberian alat kepada nelayan merupakan upaya pemerintah memberikan pelayanan agar nelayan bisa meningkatkan penghasilan dengan mengeksplor potensi perikanan yang terkandung di sepanjang perairan tanah Pariri Lema Bariri.

“Potensi perikanan kita cukup melimpah. Jadi, harus di manfaatkan agar menghadirkan kesejahteraan untuk nelayan itu sendiri,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!