Instrumen PDPGR Partisipasi Masyarakat, Sukseskan Lomba Kampung Sehat

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Lomba Kampung Sehat merupakan kegiatan yang cukup strategis, karena mengambil dasar kearifan lokal dengan memicu partisipasi seluruh stakeholder dalam penanganan penyebaran covid-19. Untuk itu, Instrumen PDPGR merupakan resep jitu untuk mengerakkan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Lomba Kampung Sehat.

Kegiatan yang diinisiasi Kapolda NTB ini merupakan salah satu ikhtiar bersama dalam mempersiapkan masyarakat menyongsong New Normal Life. Dengan lomba kampung sehat, masyarakat diajak untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Penanganan pencegahan pandemi Covid-19, yaitu memakai masker, menjaga jarak fisik (physical distancing)dengan menghindari kontak langsung dan menjalani kebiasaan cuci tangan pakai sabun.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa kata kunci kesuksesan dalam perang melawan penyebaran covid-19 adalah partisipasi. “Kita patut bersyukur karena di KSB tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan berbagai program pemerintah daerah sudah cukup tinggi. hal ini tak lepas dari telah hidupnya nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah diperkuat dengan diterbitkannya peraturan bupati nomor 3 tahun 2016 tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR),” ungkap Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM, pada acara Apel Bersama Lomba Kampung Sehat Menuju New Normal di Lapangan Graha Fitrah, Komplek Perkantoran Kemutar Telu Center (KTC), seperti di kutip dalam rilis Prokopim, Selasa (14/07/2020).

KSB kata Bupati, memiliki agen-agen gotong royong yang tersebar di 190 peliuk yang sudah terbiasa dalam mensinergikan semua stakeholder dan menggerakkan partisipasi masyarakat, sehingga Bupati berharap agar para lurah maupun kepala desa memanfaatkan agen-agen gotong royong untuk memaksimalkan hasil dari lomba ini.

“Sehingga kegiatan ini tidak berhenti pada tataran lomba saja, akan tetapi bisa sustainable atau berkelanjutan sehingga KSB benar-benar siap menyongsong new normal,” jelasnya.

“Agen PDPGR menjadi garda paling depan untuk mengajak masyarakat dalam menggencarkan lagi kegiatan STBM dan protokol kesehatan penanganan Covid-19, Lomba Kampung Sehat ini adalah momentum yang baik. Kalau kampung nya sehat, kecamatan nya sehat, Insya Allah KSB jadi Kabupaten yang sehat,” imbuhnya.

Hadir dalam Apel tersebut, Pimpinan DPRD, Sekretaris Daerah H. A. Azis, S.H.,M.H., Kapolres AKBP Herman Suriyono, Dandim 1628/SB Letkol Czi Eddy Oswaronto, Kajari, Ketua Pengadilan Agama Taliwang, Para Camat, Kepala Desa dan Lurah Se-KSB, Tokoh masyarakat, dan Para Agen PDPGR.(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!