Disnakertrans Melalui BLK KSB Buka Pelatihan Kerja Gratis Untuk Tahun 2020

  • Bagikan

(Foto Ist: Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KSB)

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Dinas Tenaga Dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Barat melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Poto Tano, membuka program pelatihan gratis.

Pelatihan yang dimaksud, yakni pelatihan tehnik Las, pelatihan tehnik listrik, pelatihan tehnik pendingin AC, pelatihan tehnik otomotif dan pelatihan tehnik menjahit dengan kebutuhan 16 peserta di masing-masing jurusan pelatihan.

“Pelatihan gelombang pertama tahun 2020 ini di buka agar pekerja lokal memiliki skill dan mampu bersaing dengan pekerja daerah lain,” ungkap Sekdis Disnakertrans KSB Hasan, SE, di temui di ruang kerjanya, Senin (27/1/2020).

Pelatihan ini, lanjutnya, di peruntukan bagi masyarakat yang berusia produktif sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat yang untuk mendaftar langsung ke Disnaker atau BLK di Poto Tano.

“Pendaftarannya gratis. Peserta diwajibkan berusia produktif dan bisa langsung mengambil formulir ataupun mendaftarkan diri di kantor UPTD BLK Poto Tano maupun dikantor Disnakertrans KSB pada jam kerja,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya telah membangun kerjasama serta berkomunikasi dengan Balai Besar Serang Banten, termasuk Bekasi, Bandung dan Lombok Timur.

“Kita sudah bangun kerjasama dengan Balai Besar Serang Banten dan beberapa Kabupaten/Kota lainnya. Intinya kami ingin pekerja lokal KSB memiliki skill yang mumpuni,” katanya.

Untuk persyaratan pendaftarannya, tentunya mengikuti pelatihan, ia menjelaskan, bahwa calon peserta diwajibkan mempunyai KTP KSB, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun, memiliki ijazah minimal SMP sederajat dan pas foto berukuran 3X4.

“Calon peserta pelatihan dapat mengisi formulir yang telah di sediakan dengan kelengkapan, fotocopy KTP satu lembar, fotocopy ijazah terakhir satu lembar, dan pas foto 3X4 dua lembar,” paparnya.

Adapun untuk pendaftaran calon peserta pelatihan gelombang pertama pada tahun 2020 ini akan berakhir pada pertengahan bulan Februari 2020 mendatang, selanjutnya panitia akan menyeleksi dan akan melakukan tes wawancara.

“Proses pendaftaran calon peserta pelatihan akan berakhir pada minggu kedua bulan Februari mendatang. Diharapkan dengan pelatihan ini para peserta bisa bersungguh-sungguh sehingga memiliki skill untuk siap bekerja,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala UPTD BLK Poto Tano KSB, Zuchrijan Kurniawan, ST, menyebut bahwa kebutuhan peserta pelatihan digelombang pertama UPTD BLK Poto Tano tahun 2020 yakni sebanyak 80 peserta

“Sebanyak 80 peserta pelatihan di lima tehnik jurusan pelatihan yang dibuka UPTD BLK Poto Tano. Masing-masing jurusan dibutuhkan sebanyak 16 peserta,” jelasnya.

Dikatakan Zuchrijan, bagi masyarakat yang berdomisili di Tanah Pariri Lema Bariri yang ingin mendaftarkan diri bisa langsung datang ke kantor UPTD BLK Poto Tano maupun ke Dinas Tenagakerja dan transmigrasi (Disnakertrans) KSB

“Untuk pendaftarannya gratis, peserta bisa mengambil formulir ataupun mendaftarkan diri di kantor UPTD BLK Poto Tano maupun kantor Disnakertrans KSB pada jam kerja,” pungkasnya.(ID/SB)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *