BPBD KSB Sebut 24 Rumah Rusak Akibat Terjangan Angin Kencang

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – 24 rumah di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, dilaporkan rusak akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (18/12) Sore kemarin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KSB melalui Kepala Seksi Kedaruratan Saiful Arief, mengatakan rumah rusak tersebar di 4 kelurahan di Kecamatan Taliwang dan 6 desa yang berada di Kecamatan Seteluk.

“Ada 4 titik yang melaporkan dampak kerusakan akibat angin kencang diantaranya, kelurahan Menala, Kuang, Arken dan Bugis. Untuk kecamatan Seteluk ada 6 desa. Adapun rumah rusak berat sebanyak 2 rumah, rusak sedang 16 rumah dan rusak ringan 6 rumah. Jadi total yang terdata saat ini masih 24 rumah,” jelas Saiful kepada wartawan, Kamis (19/12).

Selain rumah-rumah tersebut di atas, ada beberapa rumah yang belum masuk datanya ke BPBD, yaitu 1 rumah rusak sedang di belakang RS Asy Syifa, 2 rumah rusak sedang disimpang
Kelanir.

“Kemungkinan rumah warga yang mengalami
kerusakan ringan akan bertambah sesuai dengan pantauan anggota Satgas RC BPBD KSB dan laporan masyarakat karena data lengkapnya belum masuk ke BPBD,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, kebanyakan kerusakan rumah terjadi pada atap karena disapu oleh angin. Selain itu, terjadi pula 20 pohon tumbang di sepanjang jalan di kecamatan Taliwang.

“Hari ini, tim kami masih melakukan inventarisasi dampak musibah ini. Rata-rata memang kerusakan rumah atapnya itu rusak. Ada 20 pohon tumbang itupun langsung kami bersihkan,” terangnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, terdapat juga fasilitas sekolah yang mrngalami rusak ringan seperti sekolah MAN 1 Taliwang dan 1 sekolah TK Lala Jinis Desa Seran, Kecamatan Seteluk.

“Dua fasilitas pendidikan mengalami rusak ringan, atap sekolah rusak dan ambrol serta dinding sekolah mengalami retak-retak akibat disapu angin,” sebutnya.(ID/SB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!