Dukung Program Prometer Kapolri, Polsek Taliwang Lakukan Patroli Dialogis Kepada Pekerja Tong Emas

  • Bagikan

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Dalam mendukung Program Promoter Kapolri Nomor 7 dan 8 tentang Penguatan Harkamtibmas dan membangun Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Polres Sumbawa Barat, melalui Unit Patroli Polsek Taliwang, melaksanakan kegiatan Patroli Dialogis, Minggu (8/9).

Kegiatan tersebut, merupakan salah satu kegiatan kepolisian sebagai wujud patroli dialogis dengan sasaran utama kepada para pekerja tong emas yang berlokasi di kecamatan Taliwang.

Dalam pelaksanaan kegiatan yang di maksud, untuk menyampaikan serta memberikan himbauan terhadap dampak bahaya dalam penggunaan zat mercury bagi kesehatan dan lingkungan hidup sekitar.

“Cepat atau lambat Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, bersama Polri-TNI akan segera melakukan penertiban terhadap aktivitas Penambangan Tanpa Ijin (PETI). Untuk itu, langkah kami memberikan himbauan terlebih dulu agar menghindari dampak sosial di tengah masyarakat nantinya,” ujar Kapolres AKBP Mustofa, S.IK., MH., melalui PS PAUR Subbag Humas BRIPKA Mayadi Iskandar dalam keterangan resminya kepada media ini, Minggu (8/9) Siang tadi.

Selain memberikan himbauan pihaknya juga sekaligus melakukan sosialisasi kepada para pelaku Tong yang ada di beberapa tempat di kecamatan Taliwang.

Ia juga mengatakan bahwa anggota patroli yang mengemban fungsi ini agar senantiasa bisa memberikan himbauan dan bimbingan kepada warga masyarakat sehingga dapat terjalin hubungan yang baik antara Polri dan masyarakat khususnya para penambang dan pekerja Tong Emas.

Dengan melakukan Patroli dialogis ini, diharapkan masyarakat sadar dan bisa segera menghentikan aktivitas PETI dan Tong karena akan berdampak pada kerusakan Lingkungan hidup dan kesehatan di kemudian hari.

“Masyarakat dihimbau agar tidak melakukan penambangan kembali. Namun jika ada hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas, diharapakan warga bisa langsung berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas yang ada di desa dan kelurahan masing-masing,” pungkasnya.(ID/SB)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!