Warga Seteluk, Keluhkan PLN Sering Mati Mendadak

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Sejumlah warga Kecamatan Seteluk mengeluhkan soal pemadaman listrik oleh PLN Ranting Taliwang. Apalagi pemadaman tersebut dilakukan tanpa pemberitahuan. Akibatnya, aktivitas rumah tangga menjadi terganggu.

Salah seorang warga Kecamatan Seteluk, Kamaruddin kepada media ini, Jum’at (30/8) Sore tadi, mengatakan, jika memang pihak PLN akan melakukan pemadaman listrik agar masyarakat di informasikan terlebih dahulu melalui surat yang disebar hingga ke tingkat RT. Bahkan, diumumkan melalui pengeras suara di masjid atau mushola.

“Tetapi, pemadaman akhir-akhir ini tidak ada pemberitahuan sama sekali, bahkan di wilayah pasar baru desa Seteluk sering terjadi pemadaman mendadak,” keluhnya.

Dengan kondisi ini kami minta kepada manajemen PLN untuk memberikan penjelasan secara detail terkait waktu dan daerah mana saja yang berpotensi akan di lakukan pemadaman agar masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat paham terkait gangguan teknis yang terjadi.

“Warga sekitar jalur pasar baru seteluk sering bertanya kenapa jalur ini sering sekali mati yang sifatnya dadakan,” ujarnya.

Selain mengganggu kenyamanan konsumen, pemadaman listrik secara tiba-tiba juga dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sejumlah alat elektronik.

Ia meminta kepada pihak PLN lebih transparan terkait penyebab terjadinya pemadaman listrik tersebut, paling tidak ada pemberitahuan atau pengumuman, sehingga masyarakat mengetahui penyebabnya.

“Jika pemadaman karena gangguan cuaca, kita maklumi, namun belakangan ini cuaca baik-baik saja tetapi listrik padam, itu menimbulkan tanda tanya di masyarakat,” akunya.

Dirinya berharap, pihak PLN dapat lebih meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat, bagaimana pun juga masyarakat membayar bukan secara gratis.

“Kami minta Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat untuk segera memanggil manajemen PLN Ranting Taliwang, apa kendala dan penyebabnya hingga pemadaman ini terjadi. Sampaikan kepada masyarakat agar masyarakat lebih paham,” tukasnya.

Sementara itu, Ipo Indrianto manajer PLN Sub Rayon Taliwang ketika dikonfirmasi via telepon menjelaskan, bahwa penyebab pemadaman listrik yang sering menjadi keluhan masyarakat saat ini, karena ada tiang beton yang tumbang di daerah Desa Luk Kabupaten Sumbawa, sehingga terjadi pemadaman mendadak.

“Jadi, ada dua tiang jaringan tegangan menengah 20.000 volt tumbang di daerah Luk Sumbawa yang memasok energi listrik ke Taliwang. Alhmadulilah jam 18:53 Wita sudah bisa diperbaiki,” ujarnya,

(Foto : Tiang yang di tumbang di daerah Luk Sumbawa, informasi dari Manajer PLN Taliwang)

“Dalam hal ini, kami dari pihak manajemen PLN Sub Rayon Taliwang mohon maaf atas ketidaknyaman dalam pelayanan kami,” ungkapnya.

Terpisah, Jambe warga masyarakat setempat juga mengeluhkan hal yang sama. Akan tetapi disisi lain ada yang janggal dari informasi pemadaman yang di sampaikan manajer PLN Taliwang dengan pengumuman yang sebelumnya di keluarkan oleh Manajer PLN Sumbawa melalui surat pemberitahuan pertanggal 29 Agustus yang menginformasikan bahwa pemadaman yang di lakukan karena ada tahapan pengujian PLTU Sumbawa Barat.

(Foto : Surat pemberitahuan pertanggal 29 Agustus 2019 dari Manajer PLN Sumbawa)

“Masyarakat jangan di buat bingung dong, ini jelas-jelas janggal, sedangkan pernyataan kepala PLN Sub Rayon Taliwang mengaku ada tiang tumbang mengakibatkan terjadi pemadaman, di sisi lain Kepala PLN Sumbawa dalam pemberitahuan tertulisnya, menginformasikan bahwa lagi ada tahapan pengujian PLTU KSB. Jujur kami bingung, gak tahu mana yang benar,” tukasnya sembari mempertanyakan kebenaran informasi.(ID/SB)

Jabar Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!