Tahapan Pilkades 2022 di Sumbawa Barat Terus Berlangsung

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Melalui Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMDes) terus melaksanakan sejumlah persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 16 desa yang tersebar di 7 Kecamatan pada tahun 2022 ini.

Sejumlah jadwal tahapan Pilkades telah disusun mulai dari tahapan persiapan hingga pencoblosan. Selain itu, syarat calon kepala desa juga telah ditetapkan agar bakal calon dapat mempersiapkan segala syarat dan keperluannya.

Sekertaris DPMDes Kabupaten Sumbawa barat Slamet Riadi, S.Pi, M.Si di kantornya, Senin (15/08/2022) menuturkan, bahwa tahapan persiapan Pilkades telah dimulai sejak bulan Juni yang lalu. Kemudian, untuk tahapan pencalonan akan di langsungkan pada tanggal 19 Agustus hingga 27 Agustus 2022 mendatang.

Sedangkan masa kampanye di jadwalkan tanggal 17 hingga 19 Oktober untuk masa tenang berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 20 hingga 22 oktober dan pemilihan akan dilangsungkan secara serentak pada tanggal 23 Oktober 2022.

“Untuk saat ini tahapan yang tengah berlangsung yaitu, Penyusunan Daftar Pemilih/Pemutahiran Daftar Pemilih Menggunakan Data Pemilihan Terakhir (Sensus) yang berlangsung sejak 10 Agustus hingga 23 September,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada tanggal 23 hingga 25 September jadwal Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS), dilanjutkan di tanggal 26 hingga 28 jadwal Perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebagai dasar ditetapkan Daftar Pemilih Tambahan.

“Pada tanggal 29 September hingga 1 Oktober di lakukan Pengumuman Daftar Pemilih Tambahan, dan tanggal 2 hingga 4 Oktober adalah jadwal penetapan dan pengumuman Daftar Pemilih Tetap yang nantinya di gunakan untuk memberikan hak suara untuk calon kepala desa,” bebernya.

Sementara, untuk masyarakat desa yang akan mengikuti pilkades serentak agar memastikan diri terdaftar dalam DPT agar dapat memberikan hak suara dalam pemungutan suara di tanggal 23 Oktober 2022 mendatang.

“Agar dapat memberikan hak suara warga harus memastikan dirinya terdaftar dalam DPT dan kami berharap pemilihan kepala desa serentak ini bisa berjalan aman damai dan tentram,” demikian, Meta sapaan akrab Sekdis DPMDes.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!