Kabar Gembira,! 200 Orang Nelayan di KSB Dapat Asuransi

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Kabar gembira bagi para nelayan di seluruh penjuru tanah air. Pasalnya, sempat dihentikan pada tahun 2021 lalu karena refocussing anggaran untuk penanganan Covid -19.

Pemerintah pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menggulirkan program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) di tahun 2022.

Pada BPAN tahun ini, sebanyak 200 orang nelayan di Kabupaten Sumbawa Barat akan menjadi penerima manfaat.

Prihal tersebut, disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan, Ir. Amin Sudiono melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Ahlul Afwan, S. Pi pada media, Senin (9/5/2022) membenar bahwa tahun 2022 ini, 200 nelayan yang ada di KSB akan mendapatkan asuransi dari pemerintah pusat.

Ia menjelaskan, di Provinsi Nusa Tenggara Barat semua kabupaten/kota mendapat jatah yang bervariasi. Kuota paling besar yaitu Kabupaten Bima sebanyak 600 nelayan dan yang paling rendah ialah Kota Bima dan Kota Mataram masing-masing 100 nelayan.

Mengenai besaran kuota ini, beber Iwan ditetapkan langsung oleh KKP RI yang dipertegas melalui keputusan Nomor: B 32/DJPT.5/P I.420/I/2022 prihal penyampaian alokasi BPAN tahun 2022. Artinya, besaran ini tidak bisa di ganggu gugat karena langsung dari pusat.

“Mereka yang 200 nelayan itu telah dimasukkan datanya ke KKP RI by name and address (nama dan alamat) untuk selanjutnya di proses,” ungkapnya.

Terhadap mereka yang mendapatkan bantuan tersebut, Dinas Perikanan akan melakukan sosialisasi mengenai teknis dari program ini.

“Nama-nama yang kami sampaikan merupakan nama nelayan yang belum terakomodir pada program BPAN tahun-tahun sebelumnya,” demikian, singkatnya.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!