News  

TNI-Polri Cek Kesiapan, Meski KSB Belum Terapkan New Normal

InsideNTB.com, Sumbawa Barat – Meski Kabupaten Sumbawa Barat belum menerapkan New Normal, namun jajaran TNI-Polri bersama Kejari melakukan pengecekan sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat dalam rangka persiapan menghadapi New Normal atau Normal Baru.

Pengecekan dilakukan langsung oleh unsur pimpinan masing-masing Institusi, yakni Kapolres KSB AKBP Herman Suriyono, S.IK,, Dandim 1628/SB Letkol Czi Eddy Oswaronto, ST dan Kajari Nusirwan Sahrul, SH., MH, bertempat di Posko Pasar Tanah Mira Taliwang, Jum’at (5/6/2020) pagi tadi.

Pengecekan disertai dengan himbauan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan masyarakat dalam menyambut era normal baru atau new normal. Masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang lebih serius dan ketat, antara lain menyiapkan tempat cuci tangan, handsanitizer, penerapan physical distancing, menjaga jarak aman, serta menyiapkan pintu masuk dengan sistem satu pintu.

“Ini merupakan salah satu upaya kita untuk persiapan new normal, jadi ada beberapa edukasi yang kita berikan kepada masyarakat dan juga ke beberapa warga yang memang bekerja di area publik termasuk pasar tana mira, supaya merekapun melengkapi dirinya dengan APD yang tepat,” unar AKBP Herman.

Menurutnya, untuk menuju new normal ada beberapa hal yang harus dijalankan sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19. Warga yang beraktifitas di tempat publik diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan, antara lain menggunakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau handsanitizer yang tersedia di tempat-tempat umum.

“New normal adalah kebijakan untuk membuka kegiatan ekonomi, sosial namun dengan protokol kesehatan yang lebih ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19,

“Jadi ekonomi jalan, kehidupan kita kembali berjalan, tapi cara yang berbeda dengan semula yang kita tidak ada batas tidak ada jarak, tanpa menggunakan masker, itu mulai sekarang kita atur untuk mulai membiasakan ini,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 1628/SB Letkol Eddy Oswaronto, ST. Menurutnya, dengan keberadaan posko terpadu di lokasi Pasar Tana Mira diharapkan semua pihak yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk jangan sungkan dalam memberikan himbauan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan Covid-19.

Ia menegaskan, petugas posko agar secara bergantian melaksanakan patroli di sekitar pasar dan memberikan himbauan kepada pengunjung dan pedagang pasar agar mengikuti protokol kesehatan Covid-19,

“Nah kami dari TNI dan Polri akan hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Untuk masyarakat supaya lebih tertib menggunakan masker, membiasakan standar protokol kesehatan,

“Mari kita tetap semangat dan jangan panik dalam bertugas serta tetap saling mengingatkan sesama agar menjaga kebersihan,” tambahnya.

Sementara itu, Kajari KSB Nusirwan Sahrul, SH., MH, menyebutkan bahwa pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat sangat mendukung untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Masyarakat juga harus diberi pemahaman dan kesadaran bahwa sekarang harus berdamai dengan Covid-19.

“Kita tetap melaksanakan aktifitas seperti biasanya dengan tetap memperhatikan protokol covid-19. Kepada petugas posko agar tetap memberikan himbauan kepada pengunjung maupun pedagang pasar terkait protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Hari ini, kata dia, Forkopimda Provinsi NTB akan melakukan pengecekan terhadap posko terpadu untuk menghadapi New normal di KSB.

“Kami berharap agar petugas posko bekerja lebih maksimal. Terutama dalam menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk lebih mematuhi protokol Covid-19,” demikian tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Herman Suriyono S. IK, MH, Dandim 1628/SB Letkol Czi Eddy Oswaronto, ST, Kabag OPS Polres Sumbawa Barat, Kapolsek Taliwang, KBO Sat Intelkam Polres Sumbawa Barat, Sekban Bappeda Litbang KSB Mars Anugrahinsyah, S. Hut., M. Si, Petugas Posko Terpadu New Normal sekitar 15 orang yang terdiri dari PMI, Dishub, BPBD, Petugas kesehatan RSUD As Syifa.(ID/S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!