Sebelum di Lantik, 5 Kepala Desa Terpilih di Kecamatan Maluk Ikuti Bimtek

  • Bagikan

Sumbawa Barat | Usai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 16 Desa di Kabupaten Sumbawa Barat, Pemerintah Kecamatan Maluk memfasilitasi 4 Kepala Desa terpilih di pilkades serentak yang di gelar 23 Oktober 2022 yang lalu dan satu Kepala Desa terpilih hasil PAW untuk ikut Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai realisasi dana desa dan tentang mengelola desa.

Camat maluk Syarifuddin Rony melalui Kasi pemerintahan Aswar Ardiansyah, SH kepada media ini menuturkan, kegiatan Bimtek yang di lakukan di aula kantor Camat pada Minggu, (27/11/2022) pagi hingga sore ini diinisiasi oleh kepala desa terpilih, agar sebelum di lantik mereka memiliki pedoman dalam kepemerintahan desa lantaran beberapa di antaranya “wajah baru” dalam mengelola desa.

Bimtek ini keinginan dari teman kepala desa terpilih dan kami dari pemerintah kecamatan maluk memfasilitasi keinginan dari teman teman kades ini, saya melihat teman-teman kades terpilih ini semangat luar biasa,” ucap Aswar di sela sela kegiatan tersebut.

Sementara itu, tenaga Ahli Kemendes PDTT Kabupaten Sumbawa Barat Lutfi Amir, SP yang menjadi pemberi materi dalam bimtek tersebut mengapresiasi pemerintah kecamatan Maluk yang telah memfasilitasi Bimtek kepala desa terpilih di kecamatan Maluk.

“Pertama saya sangat mengapresiasi pemerintah kecamatan Maluk yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan saya melihat teman teman kepala desa terpilih ini sangat antusias mengikuti bimtek ini, dan ini sangat luar biasa menurut saya,” beber Lutfi.

Ia menambahkan kepala desa terpilih juga sangat semangat untuk berdesa sehingga mereka mau melakukan kegiatan bimtek secara mandiri.

“Kita harus apresiasi semangat teman teman kades, mereka mau membiayai sendiri yang biasanya di anggarkan melalui anggaran dana desa namun karna semangat berdesa mereka sangat tinggi sehingga mereka mau melakukan ini secara mandiri dan ini menurut saya inovasi yang baik kedepan,” imbuhnya.

Di kesempatan itu pula Heri Wibowo kepala desa terpilih desa Mantun menuturkan jika Bimtek tersebut sangat bagus dan memberi ilmu dan pengetahuan 11tentang menjalankan roda pemerintahan desa.

“Bimtek tadi sangat bagus kami kades terpilih khususnya saya yang masih belum paham tentang desa. Adapun yang saya petik dari bimtek tadi, dalam menjalankan desa dalam tanda kutip harus bisa punya ide-ide yang gila, dalam arti untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat desa, tapi tetap sesuai aturan dan tidak melenceng dari UU dan Bimtek ini memberi kami ilmu untuk menjalankan pemerintahan di desa kami nanti,” ujar Heri Wibowo.

Hal yang sama juga di ucapkan kepala desa terpilih desa Maluk Baharuddin, SE dan kepala desa Pasir Putih Ahmadi Mahmudi,

“Alhamdulillah, dengan Bimtek tadi dapat memberikan gambaran tentang tata cara pengelolaan desa yang baik secara umum, terutama dalam pengelolaan keuangan desa. Dengan Bimtek juga kami dapat mengetahui peraturan-peraturan tentang desa sebagai acuan pengelolaan desa nantinya, intinya Bimtek ini sangat bermanfaat,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!